BAGIAN DARI POHON SAWIT INI TERNYATA PUNYA NILAI JUAL
Oleh Administrator 02 Des 2021, 18:55:20 | dibaca 98 x | Kategori Berita Daerah
BAGIAN DARI POHON SAWIT INI TERNYATA PUNYA NILAI JUAL

PELAIHARI-Lakukan terobosan baru, Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura dan Perkebunan (Distanhorbun) Kabupaten Tanah Laut (Tala) fasilitasi kegiatan Bimbingan Teknis (Bimtek) Pemanfaatan Lidi dari Pelepah Daun Sawit. 

 

Kegiatan  yang dilaksanakan bertempat di Kantor Balai Penyuluhan Pertanian (BPP) Kecamatan Jorong kali ini sangat bermanfaat karena lidi dari pelepah pohon sawit sudah mempunyai pasar yang bagus. Hal ini disampaikan Kepala Dinas Distanhorbun Tala M. Faried Widyatmoko yang ditemui saat berbincang dengan pemateri Bimtek di ruang kerjanya pada Rabu (1/12/2021).

 

Menurut Faried, pemanfaatan dari lidi pelepah sawit ini sangat berguna bagi petani, sebab sebelumnya pelepah daun sawit hanya dipandang biasa saja bahkan hanya dibiarkan dan ditimbun di sekitaran kebun sawit.

 

"Semoga dengan adanya pasar dari lidi pelepah sawit ini bisa menjadi nilai tambah bagi para petani kita," ujar Faried.

 

Lebih mendalam Faried menambahkan bimtek atau sosialisasi mengenai pemanfaatan lidi pelepah sawit ini akan terus dilakukan sambil melihat potensi sawit di kecamatan lain selain Kecamatan Jorong untuk melaksanakan sosialisasinya kembali.

 

Senada dengan Kepala Distanhorbun Kepala Seksi Produksi Perkebunan pada Distanhorbun Tala Muhammad Rauzi, yang ditemui terpisah menyampaikan bimtek ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mensosialisasikan kepada para petani yang ada di Kabupaten Tala khususnya agar lidi dari pelepah sawit yang tadinya hanya dipandang biasa saja bisa kembali memiliki nilai ekonomi seperti tambahan pendapatan.

 

"Meski belum bisa diandalkan untuk menopang ekonomi, namun tidak menutup kemungkinan bisa menjadi prospek yang bagus kedepannya," ujar Rauzi.

 

Selanjutnya, tidak banyak diketahui bahwa lidi dari pelepah sawit selain dibuat lidi tetapi bisa menjadi bahan campuran pembuatan asbes, dan dupa yang sudah di ekspor ke India hingga Pakistan. Hal ini diungkapkan langsung oleh Hidayat selaku Manajer Marketing CV. Mitra Alam Indonesia Pasuruan Jawa Timur.

 

"Potensi sawit di Kabupaten Tala ini kami lihat cukup bagus, hal inilah yang membuat kami mau mensosialisasikan pemanfaatan lidi dari pelepah sawit ini, dan tidak berujung hanya menjadi limbah," ungkap Hidayat. 

 

Kegiatan sosialisasi yang dihadiri oleh 40 orang petani sawit swadaya di Kecamatan Jorong tersebut turut dihadiri Kepala BPP Kecamatan Jorong Roy Al Azhar, dan Kepala Bidang Perkebunan Edy Hariyadi. (Diskominfo Tala)




Posting Terkait :
Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

- Portal Aplikasi Pengaduan -

- Portal Aplikasi Layanan Pemerintah Daerah -


- Portal Aplikasi Layanan Publik -

- Portal Informasi Publik -


- Portal Aplikasi Lainnya -



- Portal Website SKPD -






- Portal Website Desa -