2023, Layanan PKH Sasar 80 Lansia dari Tiga Desa di Kecamatan Bajuin
Keterangan Gambar : Asisten Bidang Administrasi Umum pada Sekretariat Daerah (Setda), M. Safarin menyerahkan bantuan paket sembako secara simbolis dari Dinas Sosial (Dinsos) Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) kepada perwakilan lansia pada acara Bakti Sosial (Baksos) di Kantor Desa Tirta Jaya, Selasa (11/4/2023).

2023, Layanan PKH Sasar 80 Lansia dari Tiga Desa di Kecamatan Bajuin

Bajuin - Layanan Program Keluarga Harapan (PKH) Kabupaten Tanah Laut (Tala) menyasar sebanyak 80 penduduk lanjut usia (lansia) yang tersebar di tiga desa dari Kecamatan Bajuin, Tala pada tahun 2023. Berdasarkan laporan dari Pelaksana PKH (PPKH) Tala, program tahunan di bawah naungan Kementerian Sosial (Kemensos) RI ini memberikan pelayanan bagi 57 lansia dari Desa Tirta Jaya, 13 lansia dari Desa Kunyit, dan sisanya untuk lansia dari Desa Bajuin.

Para lansia tersebut mendapatkan pelayanan yang diberikan melalui kegiatan yang dikemas oleh PPKH Tala dalam sebuah acara yang bertajuk Bakti Sosial (Baksos) yang terpusat di Kantor Desa Tirta Jaya, Selasa (11/4/2023) pagi.

Salah seorang lansia dari Desa Tirta Jaya, Endang (67) merasakan kegembiraan bisa menjadi salah satu penerima layanan program ini. Hebatnya, Endang enggan menikmati bantuan yang diberikan hanya seorang diri.

“Hari ini dapat paket sembako, belum memeriksa apa isinya. Tapi yang jelas, kalau nanti bisa diolah makanan atau apa, saya akan bagi buat masyarakat lainnya, kadang-kadang saya sumbangkan ke masjid juga,” ucap Endang dengan tulus.

Sementara itu, Bupati Tala yang diwakili oleh Asisten Bidang Administrasi Umum pada Sekretariat Daerah (Setda), M. Safarin turut memberikan motivasi kepada para lansia yang berhadir. Katanya, kondisi lansia adalah suatu kejadian yang pasti akan dialami oleh semua orang yang dikarunia usia panjang dan terjadinya tidak bisa dihindari oleh siapapun.

“Pasti pada kondisi ini terjadi berbagai penurunan pada organ tubuh. Namun tidak perlu khawatir dan berkecil hati, lansia harus selalu optimis, sumringah dan berusaha agar selalu dalam keadaan sehat serta ceria di usia yang lanjut,” ucap Safarin dengan menghibur saat membuka acara tersebut.

Pada kesempatan ini, Safarin turut menyerahkan bantuan paket sembako secara simbolis dari Dinas Sosial (Dinsos) Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) kepada perwakilan lansia termasuk Endang. Selain paket sembako, para lansia juga mendapatkan layanan pemeriksaan kesehatan secara gratis serta kesempatan menikmati layanan pasar murah atas kerja sama dengan Dinas Koperasi, Usaha Kecil dan Perdagangan (Diskopdag) Tala yang digelar di lokasi serupa pada siang hari. (Diskominfo Tala)

Kecamatan Bajuin

Bagikan halaman ini

Berita Lainnya