38.063 Anak Usia 6-11 Tahun Bakal Jadi Sasaran Vaksinasi
Oleh Administrator 12 Jan 2022, 08:22:25 | dibaca 67 x | Kategori Berita Daerah
 38.063 Anak Usia 6-11 Tahun Bakal Jadi Sasaran Vaksinasi

Pelaihari - Pemerintah Kabupaten Tanah Laut (Pemkab Tala) menargetkan seluruh rangkaian vaksinasi dari semua jenjang usia dapat rampung pada akhir Maret 2022. Hal tersebut disampaikan oleh Asisten Bidang Perekonomian dan Pembangunan Setda Tala Akhmad Hairin saat mengikuti rapat koordinasi persiapan pelaksanaan vaksinasi untuk anak-anak usia 6 sampai dengan 11 tahun di Aula Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Tala pada Selasa (11/1/2022).


“Jadi akhir maret ini untuk vaksinasi kita targetkan mulai dari yang usia umum, lansia, dan anak-anak semuanya sudah tervaksinasi baik tahap satu maupun tahap dua,” kata Hairin.

Setelah melampaui capaian vaksinasi dari target nasional untuk usia umum dan lansia, Pemkab Tala selanjutnya akan melakukan vaksinasi untuk anak-anak usia 6 sampai dengan 11 tahun. Direncanakan pencanangan vaksinasi anak akan digelar serentak pada Kamis (13/1/2022) di setiap kecamatan di Kabupaten Tala. Adapun target vaksinasi untuk anak-anak di Kabupaten Tala berjumlah 38.063 jiwa. 

Salah seorang dokter spesialis anak dari Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) H. Boejasin I Putu Ardika menyampaikan bahwa jenis vaksin yang digunakan adalah Coronavac/ Sinovac dengan dosis 0,5 ml persuntikan. Dilakukan dua kali suntikan pada setiap anak dengan jarak 4 minggu antara penyuntikan pertama dan kedua. Ia sampaikan pula bahwa saat ini hanya vaksin jenis Sinovac yang telah menyelesaikan tahapan penelitian dan pengujiannya untuk digunakan pada usia anak.

“Saat ini untuk vaksin yang direkomendasikan oleh BPOM dan Ikatan Dokter Anak Indonesia untuk anak-anak usia 6-11 tahun yakni vaksin jenis Coronavac/ Sinovac. Sedangkan vaksin jenis lain masih dalam tahap penelitian dan pengujian untuk digunakan pada usia anak,” kata I Putu Ardika.

Terakhir, Akhmad Hairin berharap setelah rangkaian vaksinasi ini rampung maka akan menciptakan herd immunity di Kabupaten Tala.

“Pada akhirnya nanti kita akan mencapai kekebalan pada setiap individu masyarakat, sehingga tercipta kekebalan kelompok di Tala,” pungkas Hairin.

Turut berhadir Dandim 1009/TLa, Kepala Kantor Kementerian Agama Tala, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Tala, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Tala, Kepala Dinas Pengendalian Penduduk Keluarga Berencana Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DP2KBP3A) Tala, Direktur RSUD H. Boejasin, Kabag Operasi Polres Tala, Sekretaris Dinas Kesehatan Tala, Pengawas TK, Pengawas Sekolah Dasar dan Pengawas Sekolah Menengah Pertama se Kabupaten Tala. (Diskominfo Tala).




Posting Terkait :
Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

- Portal Aplikasi Pengaduan -

- Portal Aplikasi Layanan Pemerintah Daerah -


- Portal Aplikasi Layanan Publik -

- Portal Informasi Publik -


- Portal Aplikasi Lainnya -



- Portal Website SKPD -






- Portal Website Desa -