TINJAU PROKLIM DI DESA KARANG TARUNA DAN DESA TIRTA JAYA
Oleh Administrator 06 Agu 2020, 23:59:16 | dibaca 172 x | Kategori Berita Daerah
TINJAU PROKLIM DI DESA KARANG TARUNA DAN DESA TIRTA JAYA

Keterangan Gambar : Dalam rangka mendorong partisipasi aktif keterlibatan masyarakat dan seluruh pihak dalam melaksanakan aksi meningkatkan ketahanan terhadap dampak perubahan iklim dan pengurangan emisi gas rumah kaca, Dinas Perumahan Rakyat Kawasan Permukiman Lingkungan Hidup (DPRKPLH) Tanah Laut terus menggenjot pembinaan dan mengajukan wilayah wilayah setingkat Kelurahan dan Desa untuk bisa menjalankan Program Kampung iklim (Proklim).


Dalam rangka mendorong partisipasi aktif keterlibatan masyarakat dan seluruh pihak dalam melaksanakan aksi meningkatkan ketahanan terhadap dampak perubahan iklim dan pengurangan emisi gas rumah kaca,
Dinas Perumahan Rakyat Kawasan Permukiman Lingkungan Hidup (DPRKPLH) Tanah Laut terus menggenjot pembinaan dan mengajukan wilayah wilayah setingkat Kelurahan dan Desa untuk bisa menjalankan Program Kampung iklim (Proklim).

Proklim ini merupakan Program berlingkup nasional yang dikelola oleh Kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan. Program ini juga bertujuan untuk memberikan pengakuan terhadap program adaptasi dan mitigasi perubahan iklim yang ada, yang telah berkontribusi pada peningkatan kesejahteraan sesuai dengan situasi setempat.

Apresiasipun diberikan secara nasional apabila daerah tersebut mampu dan dinilai berhasil melakukan pembinaan terhadap wilayahnya. Pelaksanakan program kampung iklim (proklim) menjadi kontribusi nyata dalam pengendalian perubahan iklim di Indonesia. Apresiasi secara Nasional dari Kementrian LH ini ada beberapa tahapan yaitu pratama, madya, utama, setelah utama 2 tahun bisa dinyatakan lestari.

Di Kabupaten Tanah Laut sendiri, Kepala DPRKPLH Tanah Laut Muhammad Mursyi mengungkapkan Proklim ini selaras dengan visi misi Bupati Tanah Laut 2018 - 2023 "Kota ditata Desa dibina", ini salah satu bagiannya pembinaan desa oleh DPRKPLH Tanah Laut melalui Kampung Iklim ini.

Pada tahun 2019 lalu lanjut Mursyi mengungkapkan Tanah Laut menjadi juara III Nasional dalam Proklim ini yaitu Desa Bumi Jaya sebagai Proklim Utama, Desa Pagatan Besar Pratama, dan Madya Desa Sumber Jaya. Guna melanjutkan pembinaan dan menginspirasi desa lainnya, tahun 2020 ini DPRKPLH kembali mengajukan beberapa desa yaitu Desa Damit, Tirta Jaya, Desa Asri Mulya, Pagatan Besar, dan Desa Sumber Jaya.

Dari beberapa desa tersebut ada 3 desa yang akan mendapatkan verifikasi yaitu Desa Tirta Jaya Kecamatan Bajuin, Asri Mulya Kecamatan Jorong dan Sumber Jaya Kecamatan Kintap.

"Dalam penilaian Nasional nanti kita berharap bisa kembali mendapatkan secara Nasional lagi, dan kedepannya desa yang sudah meraih proklim utama seperti Desa Bumi Jaya bisa mendapatkan Proklim Lestari, serta dari 115 desa lainnya yang ada di Tanah Laut semoga semuanya dapat mengikuti program Kampung Iklim ini", harap Mursyi.

Pada Kamis (6/08) pihak Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Propinsi Kalsel M.Khairulloh didampingi Diansyah, ST Kasi Pemeliharaan Lingkungan pada DPRKPLH Tanah Laut dan masing masing Lurah/Kades setempat mengunjungi spot spot program di Desa Karang Taruna Kelurahan Karang Taruna dan Desa Tirta Jaya serta para penggiat kebun desa, BUMDes, dan kelembagaan setempat, yang ini bakal diverifikasi dan penilaian Proklim nantinya.

Khairulloh pun menyampaikan bahwa Tanah Laut ini boleh dikatakan potensi dan grafiknya semakin meningkat dalam pencapaian proklim ini.
" Kita harapkan tahun ini juga Pemdanya juga akan mendapatkan apresiasi dari Kementrian LH, mengingat sudah ada beberapa kebijakan yang dibuat, salah satunya tentang SK Bupati tentang edaran kampung iklim diseluruh kecamatan di Tanah Laut", pungkasnya.

Secara terpisah Lurah Karang Taruna Auranti Muraya dan Kades Tirta Jaya Bambang Subagyo menjelaskan potensi potensi dan pencapaian desa diwilayahnya masing masing kepada pihak propinsi dalam hal mendukung Proklim ini, keduanya senada mengatakan kegiatan yang dilakukan didesanya ini selain meningkatkan perekonomian warga juga menjaga kelestarian alam. (Diskominfo Tala)




Posting Terkait :
Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

- Portal Aplikasi Pengaduan -

- Portal Aplikasi Layanan Pemerintah Daerah -

- Portal Aplikasi Layanan Publik -

- Portal Informasi Publik -


- Portal Aplikasi Lainnya -



- Portal Website SKPD -






- Portal Website Desa -