TALA BERSIAP IKUTI FESTIVAL PRODUK KERAJINAN BERGENGSI INACRAFT 2020
Oleh Administrator 07 Feb 2020, 15:57:02 | dibaca 188 x | Kategori Berita Daerah
TALA BERSIAP IKUTI FESTIVAL PRODUK KERAJINAN BERGENGSI INACRAFT 2020

Keterangan Gambar : Kabar baik bagi para pengrajin handicrafts di Tanah Laut karena kini Asosiasi Eksportir dan Produsen Handicraft Indonesia (ASEPHI) pertama telah dilantik secara resmi di Balairung Tuntung Pandang Pelaihari. Pelantikan tersebut dihadiri langsung oleh Bupati Tanah Laut H. Sukamta beserta jajaran pejabat dilingkup Pemerintah Kabupaten Tanah Laut, Kamis (6/2).


Kabar baik bagi para pengrajin handicrafts di Tanah Laut karena kini Asosiasi Eksportir dan Produsen Handicraft Indonesia (ASEPHI) pertama telah dilantik secara resmi di Balairung Tuntung Pandang Pelaihari. Pelantikan tersebut dihadiri langsung oleh Bupati Tanah Laut H. Sukamta beserta jajaran pejabat dilingkup Pemerintah Kabupaten Tanah Laut, Kamis (6/2).

Ketua ASEPHI Tanah Laut Fahruz Zaini mengungkapkan, ASEPHI berperan sebagai mitra strategis pemerintah dalam mendukung perkembangan perekonomian masyarakat dari sektor produk kerajinan handicrafts. Fahruz meyakini Tanah Laut memiliki banyak bahan baku yang berpotensi memiliki nilai tinggi apabila diolah dalam bentuk produk kerajinan.

"Kita sudah memiliki kader anggota diseluruh kecamatan dan masing-masing kader sudah memiliki produk dengan karakter masing-masing. Hal tersebut diharapkan bisa memotivasi masyarakat yang sudah berkecimpung di bidang kerajinan atau baru merintis. Kedepan kita siap dalam mengakomodir masyarakat yang ingin turut berkarya dan mengembangkan diri dari produk kerajinan tangan (handicrafts)", ungkapnya.

Anggota ASEPHI Tanah Laut Wawan Hariono yang membuat produk kerajinan bordir, sablon, dan souvenir meyakini Tanah Laut berpeluang menjadi penghasil handicrafts berkualitas.

"Tanah Laut sebagai kabupaten yang terkenal dengan spot-spot wisatanya memiliki potensi strategis sebagai pasar bagi produk kerajinan kita. Bahan baku pun tersedia, masih banyaknya limbah kayu dan industri Sasirangan yang menjanjikan bisa menjadi peluang bagi pegiat kerajinan tangan", ungkap Wawan.

Fahruz menambahkan akan ada beberapa event di tahun ini yang akan menjadi ajang unjuk gigi ASEPHI Tanah Laut yang baru saja dilantik. Diantaranya TALACRAFT dan INACRAFT.

"Dalam waktu dekat inshaallah awal April kita akan menggelar TALACRAFT yaitu festival kerajinan tangan yang diikuti oleh para pengrajin di Tanah Laut. Keberlanjutannya pada pertengahan April kita akan mengikuti International Handicraft Trade Fair (INACRAFT) di Jakarta", tambah Fahruz.

Terpisah Bupati Tanah Laut H. Sukamta bersama peemerintah daerah sangat menyambut baik dengan hadirnya ASEPHI Tanah Laut sebagai wadah aspirasi para pengrajin handicrafts di Tanah Laut.

"Dengan keberadaan ASEPHI Tanah Laut kita berharap semakin menambah semangat para pengrajin kita dalam berkarya. Menampung aspirasi masyarakat yang memiliki minat dibidang kerajinan tangan. Selain sebagai usaha meningkatkan perekonomian masyarakat, usaha industri kreatif juga berkontribusi dalam pembangunan Tanah Laut", tutup Bupati.(Diskominfo Tala)




Posting Terkait :
Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

- Portal Aplikasi Pengaduan -

- Portal Aplikasi Layanan Pemerintah Daerah -

- Portal Aplikasi Layanan Publik -

- Portal Informasi Publik -


- Portal Aplikasi Lainnya -



- Portal Website SKPD -






- Portal Website Desa -