Radio Siaran Swasta dan ORARI Tanah Laut Turut Sosialisasikan Pencegahan Covid-19
Oleh Administrator 19 Mar 2020, 21:50:42 | dibaca 47 x | Kategori Berita Daerah
Radio Siaran Swasta dan ORARI Tanah Laut Turut Sosialisasikan Pencegahan Covid-19

Keterangan Gambar : Beberapa media lokal yang tergabung dalam Satgas Penanggulangan Covid-19 Tanah Laut pun mulai semakin intensif dalam menyebarkan informasi ke masyarakat terkait perkembangan Covid-19. Media-media tersebut diantaranya Organisasi Radio Amatir Indonesia (Orari) Lokal Tanah Laut, Radio Tuntung Pandang FM, Radio Pesona FM, Nirwana FM, Kintap Sehati, K- Radio, Borneo FM dan Taruna FM. Pertemuan singkat digelar di ruang kerja Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) sebagai Kepala Bidang Komunikasi Satgas yang dihadiri perwakilan ORARI Lokal Tanah Laut, Pesona FM, Nirwana FM, dan Tuntung Pandang FM, Rabu (18/3).


Literasi masyarakat benar-benar teruji dalam pembahasan virus Corona yang kian marak jadi perbincangan di tempat tongkrongan hingga ke media sosial hari ini. Hoax, disinformasi, dan info-info tanpa sumber jelas pun bertebaran yang memicu keresahan dan tentunya merugikan masyarakat.

Beberapa media lokal yang tergabung dalam Satgas Penanggulangan Covid-19 Tanah Laut pun mulai semakin intensif dalam menyebarkan informasi ke masyarakat terkait perkembangan Covid-19. Media-media tersebut diantaranya Organisasi Radio Amatir Indonesia (Orari) Lokal Tanah Laut, Radio Tuntung Pandang FM, Radio Pesona FM, Nirwana FM, Kintap Sehati, K- Radio, Borneo FM dan Taruna FM.

Pertemuan singkat digelar di ruang kerja Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) sebagai Kepala Bidang Komunikasi Satgas yang dihadiri perwakilan ORARI Lokal Tanah Laut, Pesona FM, Nirwana FM, dan Tuntung Pandang FM, Rabu (18/3).

Dhany dari ORARI Lokal Tanah Laut sepakat untuk bersama-sama menggaungkan informasi yang bermanfaat bagi masyarakat dan bersama-sama menangkal informasi hoax terkait Covid-19.

"Masyarakat kita sebenarnya bukan kurang informasi, tapi kurangnya edukasi terkait isu-isu yang merebak. Dengan pemberitaan yang mengedukasi, kita akan mengurangi kepanikan dan keresahan masyarakat", ujarnya.

Sementara itu, Kepala Diskominfo Tanah Laut H. Rudi Ismanto menghimbau seluruh masyarakat Tanah Laut yang aktif di sosial media Facebook untuk rutin mengecek akun facebook atau website milik pemerintah daerah seperti akun Pemerintah Kabupaten Tanah Laut, Diskominfo Kab Tanah Laut, atau pun akun-akun resmi milik SKPD lainnya.

"Perlu adanya kesabaran dan ketelitian dari kita semua dalam menyaring informasi. Jangan sampai apa yang kita sebarkan ke ruang publik adalah informasi yang tidak bisa dipertanggung jawabkan atau hoax", ujar Rudi.

Pemerintah Kabupaten Tanah Laut telah menentukan sumber informasi situasi yang menyangkut virus Corona bersumber dari satu pintu yaitu dari Dinas Kesehatan Kabupaten Laut yang kemudian akan diteruskan oleh media-media informasi dibawah Diskominfo. Masyarakat pun di himbau turut aktif melaporkan jika ada informasi terkait warga yang memiliki gejala virus Corona untuk menghubungi call center Informasi Corona Tanah Laut 08115184119. (Diskominfo Tala)




Posting Terkait :
Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

- Portal Aplikasi Pengaduan -

- Portal Aplikasi Layanan Pemerintah Daerah -

- Portal Aplikasi Layanan Publik -

- Portal Informasi Publik -


- Portal Aplikasi Lainnya -



- Portal Website SKPD -






- Portal Website Desa -