PEMKAB TALA TERIMA PENGHARGAAN PROKLIM TAHUN 2021
Oleh Administrator 20 Okt 2021, 09:03:25 | dibaca 61 x | Kategori Berita Daerah
PEMKAB TALA TERIMA PENGHARGAAN PROKLIM TAHUN 2021

PELAIHARI - Beberapa penghargaan Program Kampung Iklim (Proklim) Tahun 2021 diterima Pemerintah Kabupaten Tanah Laut (Tala) dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Republik Indonesia (KLHK RI) pada acara puncak Festival Iklim Tahun 2021. Acara tersebut digelar secara virtual dan diikuti oleh Bupati Tala yang diwakili Staf Ahli Bidang Kemasyarakatan dan Sumber Daya Manusia (SDM) Sekretariat Daerah (Setda) Tala, Husein Irianta, di Ruang Barakat Setda Tala, Selasa (19/10/2021).

 

Beberapa kategori penghargaan yang diterima diantaranya Proklim Kategori Lestari oleh Desa Bumi Jaya Kecamatan Pelaihari, Proklim Kategori Utama yang diberikan kepada Kelurahan Karang Taruna Kecamatan Pelaihari, Desa Damit Kecamatan Batu Ampar, Desa Pagatan Besar Kecamatan Takisung, serta Piagam Apresiasi Pembinaan Proklim Tingkat Kabupaten/Kota untuk Pemerintah Kabupaten Tala. 

 

Desa Damit, Desa Pagatan Besar dan Kelurahan Karang Taruna menjadi tiga desa/kelurahan dari 54 desa/kelurahan yang menerima penghargaan kategori Proklim Utama se-Indonesia.

 

Sedangkan Desa Bumi Jaya Kecamatan Pelaihari menjadi satu dari tujuh desa yang menerima penghargaan kategori Proklim Lestari se-Indonesia.

 

Proklim Kategori Lestari menjadi tingkatan kategori tertinggi berdasarkan Peraturan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Nomor 84 Tahun 2016, yaitu dimulai dari Proklim Pratama, Proklim Madya, Proklim Utama dan tertinggi Proklim Lestari. 

 

Setiap desa telah dinilai oleh para tim verifikasi pada beberapa indikator seperti aksi adaptasi, mitigasi, kelembagaan, dan penurunan gas rumah kaca yang dihasilkan pada setiap lokasi Proklim.

 

Bupati Tala dalam sambutannya yang diwakili Staf Ahli Bidang Kemasyarakatan dan SDM, Husein Irianta turut menyampaikan apresiasi untuk seluruh pihak yang sudah bekerjasama mendukung pembinaan desa yang mengikuti Proklim mulai dari pihak desa, perusahaan mitra, dan seluruh partisipasi masyarakat.

 

"Semoga yang kategori utama tahun depan meningkat jadi lestari, sehingga desa dapat semakin dibenahi, bermanfaat untuk desa dan masyarakatnya," harapnya. (Diskominfo Tala)




Posting Terkait :
Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

- Portal Aplikasi Pengaduan -

- Portal Aplikasi Layanan Pemerintah Daerah -


- Portal Aplikasi Layanan Publik -

- Portal Informasi Publik -


- Portal Aplikasi Lainnya -



- Portal Website SKPD -






- Portal Website Desa -