MAHASISWA ADALAH PIONER DALAM PERWUJUDAN WAWASAN KEBANGSAAN
Oleh Administrator 11 Okt 2021, 17:43:38 | dibaca 8 x | Kategori Berita Daerah
MAHASISWA ADALAH PIONER DALAM PERWUJUDAN WAWASAN KEBANGSAAN

PELAIHARI - Kampus dan Mahasiswa merupakan benteng terdepan bagi masyarakat, bangsa dan negara dalam menangkal tiga isu nasional yakni radikalisme, terorisme, dan narkoba. Hal itu disampaikan Bupati Tanah Laut (Tala) melalui sambutan yang dibacakan oleh Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat pada Sekretariat Daerah (Setda) Tala Hairul Rijal usai membuka Kegiatan Penyuluhan Wawasan Kebangsaan Tahun 2021 di Politeknik Negeri Tanah Laut (Politala), Senin (11/10/2021).

 

"Kampus juga merupakan wadah untuk menguatkan karakter dan mental anak bangsa dalam menghadapi pengaruh negatif dari derasnya arus globalisasi bahkan digitalisasi di era milenial," lanjut Hairul. 

 

Harapan khusus juga disampaikan Bupati Tanah Laut bagi civitas akademika terutama Mahasiswa Politala yang berasal dari beragam suku, agama maupun daerah agar selalu menerapkan nilai-nilai Pancasila, kebangsaan yang kuat serta Bhinneka Tunggal Ika dalam kehidupan sehari-hari, sehingga siap terjun membimbing masyarakat.

 

Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Bakesbangpol) Tala Rudi Ismanto pada kesempatan yang sama turut memberikan pengantar tentang pelaksanaan kegiatan ini dengan menjelaskan tugas-tugas Bakesbangpol.

 

"Tugas dari Bakesbangpol ini utamanya adalah menghindari atau mengurangi terjadinya potensi konflik. Jika ada penurunan nilai wawasan kebangsaan pada masyarakat, potensi konflik sangat mungkin terjadi," jelas Rudi Ismanto.

 

Rudi Ismanto juga menambahkan alasan pentingnya asupan wawasan kebangsaan bagi Bangsa Indonesia ini karena latar belakang bangsa yang beragam.

 

"Adanya wawasan kebangsaan agar semua keberagaman yang dimiliki Bangsa Indonesia menjadi potensi positif dalam membangun bangsa ini," tambah Kepala Bakesbangpol Tala itu.

 

Manohara Qubra, salah satu Mahasiswa Berprestasi Politala merasakan manfaat adanya kegiatan ini. 

 

"Materi yang disampaikan kali ini menjadi bekal ilmu bagi kami sebagai mahasiswa. Pesan saya agar pemahaman tentang wawasan kebangsaan terus kita gali dan terapkan dalam kehidupan sehari-hari. Jangan cukup hari ini saja," ajak mahasiswa yang juga sebagai Duta Pemuda Peduli Lingkungan Asri dan Bersih Tingkat Provinsi Tahun 2021 ini.

 

Materi pada kegiatan ini diantaranya tentang Pancasila dan UUD 1945 oleh Mariatul Kiptiah, S. Sos., M. SI., dari Dosen Politala, Bhinneka Tunggal Ika dan NKRI oleh Kapten Wahyu Okto Subekti dari Kodim 1009/TLA, serta Pencegahan dan Bahaya Narkoba oleh Imam Utomo, SH., dari BNNK Tala. 

 

Kegiatan ini turut mendapat dukungan dari berbagai pihak yang juga berhadir diantaranya Ketua Forum Pembaruan Kebangsaan (FPK) Kalsel, Ketua DPRD Tala, Perwakilan Kementerian Agama (Kemenag) Tala, Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Tala, Camat Pelaihari, Kepala Desa Ambungan, Ketua Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Tala, serta Direktur beserta Jajaran Civitas Akademika Politala. Diskominfo Tala)




Posting Terkait :
Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

- Portal Aplikasi Pengaduan -

- Portal Aplikasi Layanan Pemerintah Daerah -


- Portal Aplikasi Layanan Publik -

- Portal Informasi Publik -


- Portal Aplikasi Lainnya -



- Portal Website SKPD -






- Portal Website Desa -