CEGAH PENYAKIT AVIAN INFLUENZA DENGAN PEMBERIAN VAKSIN PADA TERNAK ITIK
Oleh Administrator 16 Nov 2020, 22:16:35 | dibaca 186 x | Kategori Berita Daerah
CEGAH PENYAKIT AVIAN INFLUENZA DENGAN PEMBERIAN VAKSIN PADA TERNAK ITIK

Keterangan Gambar : Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Kab. Tanah melalui UPT Puskeswan Kurau melaksanakan kegiatan vaksin ternak itik. Vaksin yang diberikan berupa Vaksin Avian Influenza pada seribu ekor lebih ternak itik yang dipelihara anggota Kelompok Tani Sumber Makmur Desa Handil Labuan Amas, Kamis (12/11).


Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Kab. Tanah melalui UPT Puskeswan Kurau melaksanakan kegiatan vaksin ternak itik. Vaksin yang diberikan berupa Vaksin Avian Influenza pada seribu ekor lebih ternak itik yang dipelihara anggota Kelompok Tani Sumber Makmur Desa Handil Labuan Amas, Kamis (12/11).

Kegiatan Vaksinasi Ternak Itik ini merupakan rangkaian Program Pengembangan Kawasan Ternak Itik di Kecamatan Kurau dan Bumi Makmur, mulai dari bulan Februari hingga Oktober 2020 disalurkan 20.000 ekor bibit ternak itik dukungan dari BPTU-HPT Pelaihari.

Norbit, Ketua Kelompok Tani Sumber Makmur dalam turut memberikan apresiasi kepada Disnakkeswan Kab. Tanah Laut melalui UPT Puskeswan Kurau, yang sudah memberikan bantuan berupa vaksin pada ternak itik yang dipelihara anggota Kelompok Tani Sumber Makmur.

"Dari Jumlah 1.500 ekor Itik yang kami terima bulan lalu, saat ini hanya sekitar sebanyak 1.140 ekor yang bisa bertahan, beberapa mati karena terendam air, ada juga yang karena terinjak itik lain dan sebagian mati karena terkena penyakit. Harapan kami setelah diberikan vaksin, ternak itik yang tersisa ini bisa bertahan hingga usia produktif," ujarnya.

Kepala UPT Puskeswan Kurau, drh. Lidya Novitasari menyampaikan bahwa kegiatan vaksinasi yang dilaksanakan merupakan tahap kedua setelah itik berumur 5 minggu dan selanjutnya akan dijadwalkan untuk kegiatan yang sama pada umur ternak itik 12 dan 16 minggu.

"Hal ini dilakukan untuk pencegahan tertularnya hewan ternak terhadap penyakit Avian Influenza," ujarnya.

Selain menyelenggarakan pelayanan vaksinasi, dalam tugas dan fungsinya, UPT Puskeswan menjalankan pelaksanaan penyehatan hewan, pelayanan kesehatan masyarakat veteriner, pelaksanaan epidemiologic, pelaksanaan informasi veteriner dan kesiagaan darurat wabah, serta pelayanan jasa veteriner.

Beberapa pelayanan yang ada di UPT Puskeswan termasuk vaksinasi rutin hewan sehat, pengobatan hewan sakit, operasi besar / kecil, serta layanan inseminasi buatan dan pemeriksaan kebuntingan serta konsultasi.

Layanan UPT Puskeswan Kurau buka setiap jam kerja yang beralamat di di Jln. Swadaya Desa Maluka Baulin Kec. Kurau. UPT Puskeswan Kurau telah memiliki alat pemeriksaan lengkap serta obat-obatan, baik injeksi maupun oral. Pelayanan juga didukung oleh tenaga profesional dibidangnya terdiri dari 1 orang Dokter Hewan dan 3 orang Paramedis.

Bagi masyarakat yang ingin berkonsultasi mengenai hewan peliharaan maupun hewan ternak, Dinakkeswan Tala menghimbau agar bisa mengunjungi Puskeswan terdekat di wilayah masing-masing. (Diskominfo Tala)




Posting Terkait :
Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

- Portal Aplikasi Pengaduan -

- Portal Aplikasi Layanan Pemerintah Daerah -

- Portal Aplikasi Layanan Publik -

- Portal Informasi Publik -


- Portal Aplikasi Lainnya -



- Portal Website SKPD -






- Portal Website Desa -