BUPATI TALA HIMBAU WARGANYA UNTUK TIDAK MUDIK
Oleh Administrator 04 Mei 2021, 11:02:56 | dibaca 103 x | Kategori Berita Daerah
BUPATI TALA HIMBAU WARGANYA UNTUK TIDAK MUDIK

PELAIHARI - Bupati Tanah Laut H.M. Sukamta bersama jajaran Forkopimda Kabupaten Tanah Laut ikuti Rapat Koordinasi Pimpinan Daerah dan Forkopimda se-Indonesia secara virtual dari Ruang Barakat Setda Tala, Senin (3/5). 

Rapat yang dipimpin oleh Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Muhammad Tito Karnavian ini membahas penanganan Covid-19, mengingat saat ini sedang terjadi ledakan kasus akibat virus jenis baru di beberapa negara salah satunya India. Muhammad Tito Karnavian meminta kepala daerah bersama Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) untuk lebih serius dalam pencegahan penularan Covid-19 diantaranya dengan melaksanakan program Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) skala mikro dan mengantisipasi potensi kerumunan yang terjadi menjelang maupun pada saat Hari Raya Idul Fitri 1442 Hijriah.

Tak hanya aktivitas perekonomian, Mendagri juga menekankan antisipasi dilakukan dalam potensi kerumunan kegiatan keagamaan seperti kegiatan buka puasa bersama, hingga open house pada saat hari raya. Kasus pelarangan penggunaan masker pada saat ibadah juga menjadi sorotan sebagai upaya menghindari penularan  Covid-19.

Peran kepala daerah bersama Forkopimda dalam penegakan aturan dan protokol kesehatan dinilainya menjadi kunci dalam pemutusan rantai penyebaran Covid-19. Termasuk rencana aksi dalam melakukan pencegahan di setiap kegiatan atau tempat yang berpotensi terjadi penularan. 

Mengikuti arahan dalam Rakor, Bupati Tanah Laut H.M. Sukamta bersama jajaran Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) menyampaikan bahwa Pemerintah Kabupaten Tanah Laut sepakat untuk menghimbau masyarakat Tanah Laut tidak mudik jelang Idul Fitri 1442 Hijriah.
 
“Perintah tegas dari Presiden melalui Mendagri, bahwa seluruh masyarakat untuk tidak mudik dan tetap berada di tempat masing-masing. Oleh Karena itu seluruh warga Tanah Laut tidak ada yang mudik,” tegas Bupati.

Pelaksanaan ibadah Salat Id Hari Raya Idul Fitri 1442 juga dihimbau agar dilaksanakan di tempat ibadah terdekat.

“Demikian juga nanti kegiatan ibadah, tolong agar protokol kesehatan dilaksanakan, jangan terpusat di satu tempat. Silakan nanti salat hari raya di mushala masing-masing, sehingga tidak memenuhi masjid. Jangan sampai di tempat kita terjadi ledakan tsunami Covid-19 seperti di India. Kami berharap seluruh rakyat Tanah Laut mematuhi apa yang menjadi himbauan pemerintah,” himbau Bupati.

Turut berhadir dalam rapat koordinasi tersebut, Kapolres Tala AKBP Cuncun Kurniadi, Dandim 1009 Pelaihari Letkol Inf Adi Yoga Susetyo, Perwakilan Kepala Kejaksaan Negeri Tala Dimas, Kepala Kantor Kementerian Agama Tala H. M. Rusdi Hilmi, Kasatpol PP & Damkar M. Kusri, Kepala Dinas Perhubungan Gentry Yuliantono dan Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah Tala Sahrudi. (Diskominfo Tala/RSD/RZ)




Posting Terkait :
Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

- Portal Aplikasi Pengaduan -

- Portal Aplikasi Layanan Pemerintah Daerah -


- Portal Aplikasi Layanan Publik -

- Portal Informasi Publik -


- Portal Aplikasi Lainnya -



- Portal Website SKPD -






- Portal Website Desa -