BUPATI RESMIKAN FASILITAS LPM DESA KETAPANG
Oleh Administrator 17 Jan 2020, 15:15:45 | dibaca 42 x | Kategori Berita Daerah
BUPATI RESMIKAN FASILITAS LPM DESA KETAPANG

Keterangan Gambar : Dalam rangka menunjang kemandirian kelompok lumbung pangan di Kabupaten Tanah Laut, telah diresmikan dan diserahkan Fasilitas Penunjang Lumbung Pangan Masyarakat (LPM) dan Pengembangan Usaha Pangan Masyarakat (PUPM) oleh Bupati Tanah Laut Kepada 9 Kelompok Tani Kabupaten Tanah Laut pada Kamis (16/01) di Desa Ketapang Kecamatan Bajuin.


Dalam rangka menunjang kemandirian kelompok lumbung pangan di Kabupaten Tanah Laut, telah diresmikan dan diserahkan Fasilitas Penunjang Lumbung Pangan Masyarakat (LPM) dan Pengembangan Usaha Pangan Masyarakat (PUPM) oleh Bupati Tanah Laut Kepada 9 Kelompok Tani Kabupaten Tanah Laut pada Kamis (16/01) di Desa Ketapang Kecamatan Bajuin.

Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan Kabupaten Tanah Laut, Ir. Rizayadi dalam laporannya menjelaskan bahwa kelompok lumbung pangan Suka Maju Desa Ketapang mendapatkan fasilitas berupa 3 bangunan yaitu pembangunan lumbung masyarakat senilai 150 juta akan dikelola langsung oleh kelompok, kemudian pembangunan Rice Milling Unit (RMU) senilai 60 juta, dan lantai jemur dengan biaya sebesar 25 juta.

Anggota Kelompok Suka Maju yang terdiri dari 25 orang tersebut mendapatkan mesin penggiling padi dengan kemampuan penggilingan padi sebanyak 1,5 ton dalam 1 jam.

Adapun rincian fasilitas yang diserahkan untuk kegiatan lumbung pangan masyarakat dari sumber dana DAK yaitu Rice Milling Unit (RMU) atau unit mesin penggilingan padi, lantai jemur, dan bangunan lumbung di Desa Ketapang Kecamatan Bajuin untuk Kelompok Lumbung Pangan Suka Maju.

Selain itu diserahkan pula secara simbolis Kegiatan Lumbung Pangan Masyarakat (LPM) berupa rehab bangunan lumbung penyimpanan gabah petani sumber dana APBD I berlokasi di Desa Gunung Raja Kecamatan Tambang Ulang ( Kelompok Tani Serumpun) dan Desa Labuan Amas Kecamatan Bumi Makmur (Gapoktan Mekar Sari). Kegiatan LPM juga diserahkan secara simbolis untuk pengisian gabah masing masing 6 ton di 4 kelompok lumbung sumber dana APBN untuk Kelompok Lumbung Berkat Permai Jaya Kecamatan Pelaihari, Kelompok Lumbung Usaha Mandiri Kecamatan Jorong, Kelompok Lumbung Suka Maju Kecamatan Takisung, dan Kelompok Lumbung Mitra Usaha Kecamatan Tambang Ulang.

Selanjutnya juga diserahkan Kegiatan Pengembangan Usaha Pangan Masyarakat (PUPM) sumber dana APBN yaitu revitalisasi Mesin Penggilingan Gabah atau Mesin RMU ( Rice Milling Unit) untuk Kelompok Tani Sumber Rezeki Kecamatan Kurau.

Sementara itu, Bupati Tanah Laut, H. Sukamta menyampaikan pesan untuk para kelompok tani yang telah menerima fasilitas agar dapat dimanfaatkan dengan baik khususnya untuk fasilitas pasca panen yaitu mesin penggiling padi, bangunan lumbung, dan lantai jemur. Fasilitas pasca panen tersebut akan sangat berpengaruh terhadap laba akhir penjualan padi yang diterima petani karena berkaitan dengan kualitas yang akan dijual.

Dengan kondisi 67% masyarakat Tanah Laut sekarang yang bekerja di sektor pertanian, maka Bupati juga berharap Kabupaten Tanah Laut dapat menjadi penyuplai sumber makanan untuk Ibu Kota yang baru di Kalimantan Timur nantinya. (Diskominfo)




Posting Terkait :
Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

- Portal Aplikasi Pengaduan -

- Portal Aplikasi Layanan Pemerintah Daerah -

- Portal Aplikasi Layanan Publik -

- Portal Informasi Publik -


- Portal Aplikasi Lainnya -



- Portal Website SKPD -






- Portal Website Desa -