2023, Ratusan Juta DAK untuk Pembinaan Koperasi dan UMKM Tanah Laut

2023, Ratusan Juta DAK untuk Pembinaan Koperasi dan UMKM Tanah Laut

PELAIHARI - Pemerintah pusat akan menyuntikan Dana Alokasi Khusus (DAK) non fisik sekitar 406 juta rupiah kepada Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tanah Laut (Tala). Berdasarkan Surat Edaran dari Kementerian Koperasi dan UKM RI, dana ini akan diperuntukan dalam rangka membina koperasi dan UMKM di Tala pada tahun anggaran 2023 nantinya.

Kepala Bidang Koperasi pada Dinas Koperasi, Usaha Kecil dan Perdagangan (Diskopdag) Tala, Totom Wahyudi mengatakan, ini menjadi sebuah kebanggaan tersendiri bagi Pemkab Tala, khususnya bagi pelaku koperasi dan UMKM di Tala. Apalagi, tidak semua kabupaten/kota di Kalsel yang menerima DAK ini.

"Alhamdulillah, dengan dipercayanya kembali Tala menerima DAK ini, pasti akan membantu pembinaan bagi koperasi dan UMKM. Kita akan siapkan jadwal pembinaan untuk tahun 2023 nanti," ujar Totom Wahyudi saat ditemui di ruang kerjanya, Selasa (25/10/2022).

Diketahui, pada tahun anggaran 2022 yang sedang berjalan ini, DAK juga telah membantu pembinaan koperasi dan UMKM di Tala. Saat ditanya alasan Pemkab Tala kembali menerima DAK ini, Totom pun mengatakan, kementerian itu pasti punya penilaian tersendiri. 

"Jadi, kita yang di daerah ini setiap melaksanakan kegiatan, selalu kita laporkan dan mereka pun melihat hasilnya. Ini tentu menjadi bahan pertimbangan penyaluran DAK," jelas Totom.

Totom pun berharap, adanya DAK ini dapat mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan koperasi dan UMKM yang seriring berjalannya waktu pasti mengalami fluktuatif. (Diskominfo Tala)

Bagikan halaman ini

Berita Lainnya