WUJUDKAN MASYARAKAT INFORMASI DENGAN SOSIALISASI PELAKSANAAN KIM
Oleh Administrator 31 Okt 2019, 18:26:24 | dibaca 127 x | Kategori Berita Daerah
WUJUDKAN MASYARAKAT INFORMASI DENGAN SOSIALISASI PELAKSANAAN KIM

Keterangan Gambar : Dalam rangka mewujudkan Masyarakat Informasi, Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Tanah Laut gelar Sosialisasi Pelaksanaan Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) di Aula Bappeda Tanah Laut, Rabu (30/10)


Tala-Info Publik, Dalam rangka mewujudkan Masyarakat Informasi, Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Tanah Laut gelar Sosialisasi Pelaksanaan Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) di Aula Bappeda Tanah Laut, Rabu (30/10).

Sosialisasi tersebut dihadiri langsung oleh Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Tanah Laut Drs. H. Rudi Ismanto, M.Si beserta jajaran. Peserta sosialisasi adalah para perangkat desa yang tergabung dalam Kelompok Informasi Masyarakat yang sudah dibentuk pada masing-masing desa, diantaranya dari Desa Pabahanan, Tirtajaya, Bumijaya, Martadah Baru, Sungai Jelai, Karang Rejo, Sumber Makmur, dan Desa Pandan Sari. Bertindak sebagai narasumber adalah jurnalis senior Redaktur Pelaksana Radar Banjarmasin Budian Noor, dan Pengelola Administrasi CPanel website daerah Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Tanah Laut Abdul Hafid Amirudin.

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Tanah Laut Drs. Rudi Ismanto, M.Si dalam sambutannya sekaligus membuka secara resmi acara sosialisasi mengungkapkan, sosialisasi ini bertujuan untuk menambah pengetahuan para anggota kelompok KIM dalam mengelola dan mempublikasi informasi kegiatan dan potensi di desa.

"Melalui sosialisasi Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) ini saya harap rekan-rekan pelaksana KIM menjadi lebih mengerti tugas KIM dan menambah pengetahuan dalam mempublikasi kegiatan-kegiatan di desa melalui media cetak atau majalah maupun media digital di website desa," ujar Rudi Ismanto.

Redaktur Pelaksana Radar Banjarmasin Budian Noor dalam penyampaian materinya mengungkapkan, informasi kegiatan yang positif sudah sewajarnya dipublikasikan, namun sebelum dipublikasikan perlu diperhatikan terkait penyusunan redaksinya.

"Seperti piramida terbalik, awali penulisan redaksi berita dengan judul yang menarik, sampaikan tema kegiatan sebagai info utama, dilanjutkan dengan menerangkan siapa, kapan, dimana, bagaimana kegiatan tersebut, dan informasi-informasi pendukung lainnya," jelas Budian Noor.

Sementara itu memasuki materi kedua dari Pengelola Administrasi CPanel website daerah Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Tanah Laut Abdul Hafid Amirudin mengungkapkan, perlunya bagi perangkat desa untuk mengikuti era digital dalam mempublikasi informasi kegiatan di desa, salah satunya melalui media digital Blogspot.

"Melalui media digital seperti Blogspot, bisa dibuat dengan gratis atau berbayar. Dengan mempublikasikan informasi-informasi kegiatan desa beserta foto-foto melalui website Blogspot, akan lebih hemat kertas dan berkasnya pun melekat di website Blogspot dan tidak hilang. Masyarakat juga bisa mengakses kapan dan dimanapun selama jaringan internet memadai," ujar Hafid. (Diskominfo)




Posting Terkait :
Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

- Portal Aplikasi Pengaduan -

- Portal Aplikasi Layanan Pemerintah Daerah -

- Portal Aplikasi Layanan Publik -

- Portal Informasi Publik -

- Portal Aplikasi Lainnya -



- Portal Website SKPD -






- Portal Website Desa -

- Portal Website Sekolah -