WUJUDKAN DESA MANDIRI MELALUI PROGRAM DESA BERCIRI KHAS
Oleh Administrator 31 Jul 2020, 15:27:31 | dibaca 81 x | Kategori Berita Daerah
WUJUDKAN DESA MANDIRI MELALUI PROGRAM DESA BERCIRI KHAS

Keterangan Gambar : Pemkab Tala melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Tala terus berupaya mewujudkan salah satu visi misi Bupati dan Wakil Bupati yaitu Desa Dibina Kota Ditata. Program Desa Berciri Khas adalah salah satu upaya tersebut yang kini sudah diterapkan di 5 Desa pada 5 Kecamatan sebagai pilot projectnya. Koordinasi dan pemaparan program Desa Berciri Khas dengan para Camat pun kembali dilakukan, bertempat di Balai Desa Bukit Mulia Kec. Kintap, Kamis (30/7).


Pemkab Tala melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Tala terus berupaya mewujudkan salah satu visi misi Bupati dan Wakil Bupati yaitu Desa Dibina Kota Ditata. Program Desa Berciri Khas adalah salah satu upaya tersebut yang kini sudah diterapkan di 5 Desa pada 5 Kecamatan sebagai pilot projectnya. Koordinasi dan pemaparan program Desa Berciri Khas dengan para Camat pun kembali dilakukan, bertempat di Balai Desa Bukit Mulia Kec. Kintap, Kamis (30/7).

"Desa Berciri Khas adalah desa yang memiliki karakteristik khusus yang dapat ditinjau dari aspek sosial budaya, masyarakat, potensi desa, kondisi alam yang diberdayakan untuk kesejahteraan warga desa setempat", ujar Kadis PMD Gatot Subagio dalam sambutannya.

Lebih lanjut Gatot menyebutkan 5 Desa Berciri Khas yang menjadi pilot project yakni Desa Bukit Mulia Kecamatan Kintap, Desa Asam-asam Kecamatan Jorong, Desa Telaga Langsat Kecamatan Takisung, Desa Tajau Pecah Kecamatan Batu Ampar, dan Desa Handil Babirik Kecamatan Bumi Makmur.

Desa Bukit Mulia memiliki ciri khas dengan keragaman gotong royong NKRI Nusantara dan BUMDes nya yang tergolong sukses. Desa Asam-Asam dikenal dengan masyarakat yang mayoritas pengrajin atap daun Nipah. Desa Telaga Langsat dikenal dengan sentral madu kalulut dan even tahunan festival ramadhan yang selalu diagendakan setiap tahun. Desa Tajau Pecah dikenal dengan keragaman adat budaya Bali yang selalu diselenggarakan tiap tahun. Desa Handil Babirik terkenal dengan ternak itik dan telur itik dengan jumlahnya yang banyak.

Dalam kesempatan tersebut Bupati H. Sukamta kembali mendorong para Camat untuk mengupayakan ada desa-desa diwilayahnya yang selanjutnya dijadikan Desa Berciri Khas. Para Kades yang hadir pun diharapkan bisa mencontoh kiat-kiat 5 desa yang sudah berpredikat sebagai Desa Berciri Khas agar menjadi desa yang mandiri.

"Kita baru punya 5 desa yang jadi pilot project Desa Berciri Khas dan hasilnya juga kelihatan. Mari kita gencarkan lagi untuk desa-desa yang lain. Tentunya kita akan dukung dengan anggaran daerah dan kerjasama SKPD terkait", pungkas Bupati.

Turut berhadir pada acara tersebut Kadisnakerind Masturi, para Camat, perwakilan SKPD, para Kades, dan forkopimcam setempat. (Diskominfo Tala)




Posting Terkait :
Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

- Portal Aplikasi Pengaduan -

- Portal Aplikasi Layanan Pemerintah Daerah -

- Portal Aplikasi Layanan Publik -

- Portal Informasi Publik -


- Portal Aplikasi Lainnya -



- Portal Website SKPD -






- Portal Website Desa -