WASPADA KEBAKARAN HUTAN DAN LAHAN SEJAK DINI
Oleh Administrator 22 Feb 2021, 21:52:05 | dibaca 158 x | Kategori Berita Daerah
WASPADA KEBAKARAN HUTAN DAN LAHAN SEJAK DINI

Keterangan Gambar : Unsur Forkopimda Tala saat mengikuti Rakornas Pengendalian Kebakaran Hutan dan Lahan


PELAIHARI - Bupati Tanah Laut H. M Sukamta mengingatkan kepada seluruh lapisan masyarakat untuk tidak lengah dalam menghadapi masa transisi dari musim hujan ke musim kemarau. Hal ini diungkapkan Sukamta usai mendengarkan arahan dari Presiden Joko Widodo dalam Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Pengendalian Kebakaran Hutan dan Lahan Tahun 2021 secara virtual bertempat di Ruang Barakat Setda Tanah Laut, Senin (22/2).

Arahan yang diberikan oleh Presiden Jokowi diantaranya upaya yang perlu dilakukan yaitu dengan memprioritaskan pencegahan, manajemen lapangan yang harus terkonsolidasi dan terorganisasi, serta update informasi dengan memanfaatkan teknologi dan pengawasan serta perlunya infrastruktur monitoring hingga di tingkat bawah.

“Berikan edukasi secara terus menerus kepada masyarakat, perusahaan, korporasi terutama di daerah dengan kecenderungan peningkatan hot spot (titik api), ajak tokoh agama serta masyarakat untuk ikut menjelaskan kepada masyarakat akan bahaya kebakaran hutan dan lahan bagi kesehatan dan dampak ekonomi,” ungkapnya.

Mendukung arahan Presiden Jokowi agar Pemerintah Daerah segera memetakan wilayah-wilayah yang kerap terjadi kebakaran hutan dan lahan, Bupati H. M Sukamta mengharapkan peran masyarakat untuk cepat tanggap ketika melihat potensi kebakaran sejak dini, mengingat masa transisi dari musim hujan ke musim kemarau di wilayah Kalimantan diperkirakan akan terjadi pada bulan Mei hingga Juli 2021.

“Saya kira semua masyarakat ketika melihat ada api yang muncul untuk segera dipadamkan, jangan sampai membesar dan kalau memang tidak bisa ditangani untuk segera lapor kepada posko karhutla, tapi kita berharap bahwa api yang kecil masyarakatlah yang paling dekat untuk bisa memadamkannya sehingga tidak melebar dan menjadi api yang besar,” tutupnya.

Turut berhadir di ruang Barakat Setda Tanah Laut Dandim 1009/PLH Adi Yoga Susetyo, Kapolres Tanah Laut Cuncun Kurniadi, Kepala Kejaksaan Negeri Tanah Laut Ramadani, Kepala DPRKPLH M. Mursy, Kepala BPBD M. Kusri, Kepala Manggala Agni Sufie Bhaskara serta secara virtual diikuti seluruh Kepala Daerah se-Indonesia. (DISKOMINFO TALA)




Posting Terkait :
Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

- Portal Aplikasi Pengaduan -

- Portal Aplikasi Layanan Pemerintah Daerah -


- Portal Aplikasi Layanan Publik -

- Portal Informasi Publik -


- Portal Aplikasi Lainnya -



- Portal Website SKPD -






- Portal Website Desa -