Warga Kecamatan Takisung dan Panyipatan Bisa Menikmati Pelayanan Kesehatan Kunjungan
Oleh Administrator 07 Okt 2021, 08:19:12 | dibaca 32 x | Kategori Berita Daerah
Warga Kecamatan Takisung dan Panyipatan Bisa Menikmati Pelayanan Kesehatan Kunjungan

Warga Kecamatan Takisung dan Kecamatan Panyipatan kini bisa menikmati layanan kesehatan kunjungan melalui panggilan ke nomor 119. Dua kecamatan ini menjadi lokasi pilot project Pelayanan Kesehatan Kunjungan Rumah/On Call Kabupaten Tanah Laut (Tala) yang diresmikan langsung oleh Bupati Tala H.M. Sukamta di Kantor Kecamatan Takisung dan Kantor Kecamatan Panyipatan, Rabu (6/10/2021).

 

Pelayanan Kesehatan Kunjungan Rumah atau On Call menjadi salah satu visi-misi Bupati dan Wakil Bupati yang terdapat dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) periode 2018-2023. Program ini akan dimulai pada awal tahun 2022 untuk 130 desa namun berhubung ada efisiensi maka akan dilaksanakan pada 30 desa. Program ini dimulai dengan uji coba atau pilot project pada dua kecamatan terlebih dahulu di tahun 2021.

 

Dijelaskan Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Tala Hj. Nina Sandra bahwa enam desa yang akan menerima program tersebut di Kecamatan Takisung diantaranya Desa Ranggang, Desa Ranggang Dalam, Desa Benua Tengah, Desa Benua Lawas, Desa Gunung Makmur, dan Desa Sumber Makmur

 

Sedangkan pada Kecamatan Panyipatan yaitu Desa Kandangan Baru, Desa Panyipatan, Desa Kuringkit, Desa Batu Mulya, Desa Bumi Asih, dan Desa Sukaramah.

 

Tenaga kesehatan terpadu yang terdiri dari dokter, dokter gigi, perawat dan bidan akan siap melayani masyarakat melalui panggilan di  nomor 119.

 

Sementara itu, Bupati Tala H. M. Sukamta turut menyampaikan semangat kepada para tenaga kesehatan yang akan menjadi petugas terdepan dalam memberikan pelayanan kesehatan kunjungan atau panggilan.

 

Pelayanan ini diharapkan menjadi tanda kemajuan pelayanan kesehatan di Kabupaten Tala. Selain kemajuan pelayanan, kesadaran masyarakat akan kesehatan juga diharapkan semakin meningkat.

 

"Daerah tidak akan produktif, tidak akan tumbuh ekonominya, kalau rakyatnya ini sering sakit, program ini jadi salah satu jalannya, pelayanan datang langsung ke masyarakat, ke rumah," ujarnya. (Diskominfo Tala)




Posting Terkait :
Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

- Portal Aplikasi Pengaduan -

- Portal Aplikasi Layanan Pemerintah Daerah -


- Portal Aplikasi Layanan Publik -

- Portal Informasi Publik -


- Portal Aplikasi Lainnya -



- Portal Website SKPD -






- Portal Website Desa -