TINGKATKAN KESADARAN BAYAR PAJAK PEMKAB TALA CANANGKAN PANUTAN PEMBAYARAN PBB PERDESAAN PERKOTAAN
Oleh Administrator 23 Jul 2021, 08:11:26 | dibaca 109 x | Kategori Berita Daerah
TINGKATKAN KESADARAN BAYAR PAJAK PEMKAB TALA CANANGKAN PANUTAN PEMBAYARAN PBB PERDESAAN PERKOTAAN

PELAIHARI - Pajak daerah merupakan tulang punggung dalam pendanaan pembangunan, karena pajak merupakan pendukung proses pembangunan, pelayanan dan penyelenggaraan pemerintah dapat terlaksana. 
Hal ini disampaikan oleh Bupati Tanah Laut yang diwakili oleh Sekretaris Daerah Tanah Laut Dahnial Kifli saat memberikan amanat sekaligus mencanangkan Panutan Pembayaran Pajak Bumi Bangunan Perdesaan dan Perkotaan (PBB-P2). Kegiatan ini dilaksanakan di halaman Kantor Badan Pendapatan Daerah Tanah Laut, Rabu (21/7).

Dilaksanakan Pencanangan Panutan Pembayaran (PBB P2) bertujuan memberikan motivasi kepada masyarakat Kabupaten Tanah Laut, agar tingkat kesadaran wajib pajak meningkat khususnya dalam melaksanakan kewajibannya membayar PBB P2. Selain itu dalam rangka optimalisasi Pendapatan Asli Daerah Kabupaten Tanah Laut.

Potensi PBB Tala saat ini dilaporkan mengalami peningkatan. Pada Tahun 2020 telah terbit 128.386 Surat Pemberitahuan Pajak Terutang (SPPT), dan di Tahun 2021 per 30 Juni sudah diterbitkan 132.010. 

Secara kuantitas ada peningkatan juga pada status lunas pajak yaitu dari 4 desa di tahun 2019 meningkat menjadi 6 desa di Tahun 2020.

Disampaikan pula oleh Sekda Tala bahwa memang banyak faktor yang menyebabkan masih rendahnya realisasi PBB P2, salah satunya masih banyak data wajib pajak yang belum valid karena kurang aktifnya wajib pajak untuk melaporkan data real.

"Diharapkan adanya keterlibatan Pemerintah Desa untuk mengatasi ini, karena lokasi pun masih jauh untuk pembayaran pajak dan masih banyak yang belum menguasai teknologi seperti penggunaan mobile banking dan lain-lain," ujar Dahnial Kifli.

Dahnial Kifli menambahkan selain kesadaran dari masyarakat dalam membayar pajak yang perlu ditingkatkan, juga perlu mengimbangi peningkatan kualitas pelayanan kepada masyarakat.

"Saya berharap kepada seluruh Aparatur Desa khususnya Kepala Desa untuk senantiasa memotivasi aparat di lingkungannya untuk meningkatkan pengetahuan dan kemampuannya agar mampu mengelola kewenangan desa secara efektif dan efisien," tegasnya.

Turut berhadir para Kepala Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) Kabupaten Tanah Laut, para Camat se Kabupaten Tanah Laut, serta Perwakilan Bank Kalsel. (DISKOMINFO TALA/DV/RZ).




Posting Terkait :
Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

- Portal Aplikasi Pengaduan -

- Portal Aplikasi Layanan Pemerintah Daerah -


- Portal Aplikasi Layanan Publik -

- Portal Informasi Publik -


- Portal Aplikasi Lainnya -



- Portal Website SKPD -






- Portal Website Desa -