TANAM PERDANA PADI PROGRAM LAHAN SERASI DESA SUMBER MAKMUR
Oleh Administrator 04 Des 2019, 17:59:00 | dibaca 142 x | Kategori Berita Daerah
TANAM PERDANA PADI PROGRAM LAHAN SERASI DESA SUMBER MAKMUR

Keterangan Gambar :  Bertempat di salah satu sudut Desa Sumber Makmur kecamatan Takisung, yang dulunya merupakan lahan kategori rawa, kini berubah total menjadi lahan siap tanam. Hal tersebut tidak lepas dari peran aktif masyarakat kelompok tani Desa Sumber Makmur bersama instansi terkait dalam memberdayakan lahan rawa menjadi lahan siap tanam.Pemberdayaan lahan tersebut dilanjutkan dengan acara Tanam Perdana Padi Program Lahan SERASI (Selamatkan Rawa Sejahterakan Petani) secara simbolis di lahan pertanian Desa Sumber Makmur, Selasa (3/12).


Tala-Info Publik, Bertempat di salah satu sudut Desa Sumber Makmur kecamatan Takisung, yang dulunya merupakan lahan kategori rawa, kini berubah total menjadi lahan siap tanam. Hal tersebut tidak lepas dari peran aktif masyarakat kelompok tani Desa Sumber Makmur bersama instansi terkait dalam memberdayakan lahan rawa menjadi lahan siap tanam.Pemberdayaan lahan tersebut dilanjutkan dengan acara Tanam Perdana Padi Program Lahan SERASI
(Selamatkan Rawa Sejahterakan Petani) secara simbolis di lahan pertanian Desa Sumber Makmur, Selasa (3/12).

Acara dihadiri langsung oleh Bupati Tanah Laut H. Sukamta, Dandim 1009 Plh, Anggota DPRD Tanah Laut Edy Purwanto, Kepala Dinas Tanaman Pangan Hortikultura Kalsel Syamsir Rahman, Direktur Perbenihan Tanaman Pangan Kementerian Pertanian RI, Kepala Dinas Tanaman Pangan Hortikultura Tanah Laut, Camat Takisung dan Kepala Desa Sumber Makmur.

Kepala Dinas Tanaman Pangan Hortikultura Tanah Laut Achmad Mustahdi dalam laporannya mengungkapkan, program SERASI adalah program yang merubah lahan 0% menjadi 100%, yang dulunya tidak bisa ditanam menjadi lahan untuk bercocok tanam.

"Didepan kita ini dulunya dipenuhi tanaman semak bundung dan menjadi sumber asap karhutla setiap tahun. Dengan program SERASI ini alhamdulillah bisa dirubah menjadi lahan siap tanam," ungkap Mustahdi.

Senada dengan Mustahdi, Kepala Dinas Tanaman Pangan Hortikultira Kalimantan Selatan Syamsir Rahman mengungkapkan, "Pertama kali saya kesini saya yakin pasti tenggelam kalau berdiri disitu, yang kedua kali saya lihat tanaman bundungnya masih banyak, ini yang ketiga kali saya kesini semua berubah total menjadi lahan bersih siap tanam, Insya Allah yang ke empat kali nanti saya kesini bersama gubernur sudah dipenuhi tanaman pangan siap panen," sambut riuh tamu undangan berkata Amin.

Bupati Tanah Laut H. Sukamta dalam sambutannya mengungkapkan rasa syukur dan apresiasi kepada masyarakat kelompok tani desa Sumber Makmur atas peran aktifnya mensukseskan program SERASI.

"Alhamdulillah lahan ratusan hektar ini yang dulunya dipenuhi semak tanaman bundung dirubah menjadi lahan persawahan. Jalur irigasinya pun tertata rapi disekitar lahan. Inshaallah hasil kerja masyarakat ini kelak akan dirasakan warga setempat dan warga Tanah Laut secara umum dengan hasil tanamannya. Pendampingan pemerintah kabupaten dan instansi terkait pun akan selalu berjalan demi tercapainya tujuan program SERASI yaitu selamatkan rawa sejahterakan petani," pungkas Bupati. (Diskominfo)




Posting Terkait :
Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

- Portal Aplikasi Pengaduan -

- Portal Aplikasi Layanan Pemerintah Daerah -

- Portal Aplikasi Layanan Publik -

- Portal Informasi Publik -

- Portal Aplikasi Lainnya -



- Portal Website SKPD -






- Portal Website Desa -