SOSIALISASI E-VOTING PILKADES
Oleh Administrator 09 Des 2019, 19:42:38 | dibaca 134 x | Kategori Berita Daerah
SOSIALISASI E-VOTING PILKADES

Keterangan Gambar : Menjelang pemilihan Kepala Desa pada 11 Desember 2019 nanti, Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa bekerjasama dengan Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Tanah Laut melaksanakan Sosialisasi E-Voting yang dilaksanakan di Desa Tampang, Kecamatan Pelaihari, Jum'at (06/12).


Tala-Info Publik, Menjelang pemilihan Kepala Desa pada 11 Desember 2019 nanti, Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa bekerjasama dengan Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Tanah Laut melaksanakan Sosialisasi E-Voting yang dilaksanakan di Desa Tampang, Kecamatan Pelaihari, Jum'at (06/12).

Sosialisasi tersebut diikuti oleh masyarakat yang berdomilisi di desa Tampang. Mereka sangat antusias dalam mengikuti sosialisasi ini, dan masyarakat pun diberikan barcode untuk mengakses surat suara digital tersebut.

Kasi Bina Penataan Administrasi Pemerintah Desa dan Kelurahan Danawan Supriyadi ST mengatakan, sosialisasi ini bertujuan agar semua masyarakat mengetahui cara kerja dan tata cara E-Voting ini, sehingga masyarakat tidak ragu-ragu lagi menggunakan alat E-Voting ini.

"Awal-awalnya mungkin masyarakat beranggapan E-Voting sulit dilakukan, tetapi setelah dicoba banyak tanggapan mayarakat yang menyatakan bahwa ini lebih mudah dilakukan, bahkan lebih mudah pada surat suara yang manual, "ungkapnya.

Lebih lanjut Danawan mengatakan, kenapa dipilih desa tampang, karena di desa tampang DPT nya kurang Dari 1000, kemudian untuk percobaan ini kami prioritaskan untuk daerah kecamatan Pelaihari karena dekat dengan kota dan sosiologis masyarakat kecamatan pelaihari mungkin lebih mudah menerima teknologi," jelasnya.

Danawan juga berharap setelah E-Voting ini sukses digunakan, maka desa-desa yang lain bisa menggunakan E-Voting untuk kedepannya karena begitu mudahnya melakukan perhitungan dari pada surat suara manual, E-Voting hanya memerlukan beberapa menit untuk mendapatkan hasil suara.

Kasi Pengembangan Aplikasi Diskominfo Kabupaten Tanah Laut, Erwansyah A.Md mengatakan, Peran Diskominfo disini menyiapkan pengembangan aplikasi untuk mendukung kegiatan Pilkades berbasis digital.

"Secara teknis, kami membantu panitia untuk mengelola aplikasinya, mulai dari penggunaan sampai dengan hasil terakhir Pilkades, dan jika ada kerusakaan atau kendala ada beberapa antisipasi dari kami untuk memperbaikinya," ujarnya.

Sementara itu, Ketua Panitia Pemilihan Kepada Desa Tampang Muhammad Arifin Yahya mengatakan, allhamdulillah sosialisasi hari ini berjalan dengan lancar, aman tertib dan hasil nya sangat memuaskan serta para peserta sangat antusias dan semangat mengikuti sosialisasi ini.

Arifin Yahya Berharap untuk Pemilihan Kepala Desa di kabupaten Tanah Laut agar bisa menggunakan E-Voting ini, karena sangat bermanfaat, sangat cepat, dan tidak ada suara yang tidak sah. (Diskominfo)




Posting Terkait :
Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

- Portal Aplikasi Pengaduan -

- Portal Aplikasi Layanan Pemerintah Daerah -

- Portal Aplikasi Layanan Publik -

- Portal Informasi Publik -

- Portal Aplikasi Lainnya -



- Portal Website SKPD -






- Portal Website Desa -