SOSIALISASI DAN UJI COBA SISTEM APLIKASI TNDE
Oleh Administrator 17 Des 2020, 21:36:37 | dibaca 417 x | Kategori Berita Daerah
SOSIALISASI DAN UJI COBA SISTEM APLIKASI TNDE

Keterangan Gambar : Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Tala gelar sosialisasi dan uji coba sistem aplikasi Tata Naskah Dinas Elektronik (TNDE), bertempat di Aula CAT BKPSDM Tala, Kamis (17/12).


Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Tala gelar sosialisasi dan uji coba sistem aplikasi Tata Naskah Dinas Elektronik (TNDE), bertempat di Aula CAT BKPSDM Tala, Kamis (17/12). Acara tersebut diikuti oleh seluruh perwakilan SKPD dan Kecamatan di lingkup Pemerintah Kabupaten Tanah Laut. Dengan menerapkan prokes dan membatasi kerumunan, acara dibagi dalam dua sesi, sesi pertama pukul 8.30 - 11.30 dan sesi kedua pukul 13.30 - 16.30.

Sosialiasai dan uji coba sistem aplikasi TNDE dibuka secara resmi oleh Kepala Diskominfo Tala H. Rudi Ismanto. Dalam sambutannya ia mengungkapkan tujuan dan manfaat dari sistem TNDE yang akan sangat berperan dalam perkembangan sistem elektronik pemerintah (E-Government) di Tanah Laut.

"Tujuan penerapan Tata Naskah Dinas Elektronik ini untuk efisiensi, efektifitas administrasi dan mempermudah pimpinan dalam memberikan paraf disposisi surat dimanapun berada. Dengan begitu prosesnya akan lebih cepat dan bisa segera ditindaklanjuti", ungkapnya.

Tata Naskah Dinas Elektronik (TNDE) merupakan upaya pemanfaatan teknolongi informasi dalam rangka meningkatkan efektifitas dan produktivitas kerja serta tertib administrasi di lingkungan instansi pemerintah. Hal ini juga dalam rangka tindak lanjut pelaksanaan SPBE (Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik) sesuai Perpres Nomor 95 Tahun 2018, yang mana pada tahun 2019 lalu Indeks SPBE Tanah Laut berada pada indeks 2.76. Nilai indeks tersebut menempatkan Kabupaten Tanah Laut sebagai salah satu dari 100 lembaga kementerian, kabupaten dan kota tingkat Nasional yang mendapat penilaian lanjutan dari KemenPAN RB di tahun 2020.

Kasi Pengembangan Aplikasi pada Diskominfo Tala, Erwansyah A.Md melanjutkan penjelasan materi dan simulasi sistem aplikasi TNDE. Dalam hal ini ia menyampaikan pesan kepada peserta sosialisasi untuk tak perlu khawatir kesulitan dalam menerapkan sistem aplikasi TNDE.

"Dengan penerapan TNDE ini tentu akan menghemat biaya kertas dan tinta, karena naskah surat dinas yang kita pakai dalam bentuk file digital, dari segi waktu juga, verifikasi, pengesahan, semuanya dilakukan melalui sistem dan surat dinas akan tersampaikan langsung ke bidang ataupun SKPD tujuan", tuturnya.

Pada Bidang E-Government Diskominfo Tala, sistem aplikasi TNDE dikembangkan untuk menangani pengolahan surat dan dipergunakan dalam mengakomodir pengelolaan arsip dinamis dilingkup Pemkab Tala. Mengingat modernisasi teknologi terus berkembang, Pemkab Tala terus berupaya mewujudkan SPBE yang diharapkan pemerintah pusat, pelayanan yang semakin canggih dan bermanfaat bagi masyarakat. (Diskominfo Tala)




Posting Terkait :
Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

- Portal Aplikasi Pengaduan -

- Portal Aplikasi Layanan Pemerintah Daerah -


- Portal Aplikasi Layanan Publik -

- Portal Informasi Publik -


- Portal Aplikasi Lainnya -



- Portal Website SKPD -






- Portal Website Desa -