PEMKAB TANAH LAUT TERIMA KRITIK RAHASIA DARI APLIKASI LAPOR
Oleh Administrator 18 Jul 2021, 18:42:54 | dibaca 53 x | Kategori Berita Daerah
PEMKAB TANAH LAUT TERIMA KRITIK RAHASIA DARI APLIKASI LAPOR

KURAU - Kritik dan masukan dari masyarakat Kabupaten Tanah Laut dapat diterima langsung Pemerintah Daerah Kabupaten Tanah Laut melalui Layanan Aspirasi dan Pengaduan Online Rakyat atau biasa dikenal LAPOR. 

Kesempatan masyarakat untuk bisa menyampaikan aspirasi kepada Pemkab ini diingatkan kembali oleh Bupati Tanah Laut H.M. Sukamta saat meninjau sosialisasi LAPOR dari Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Tala dalam rangkaian Manunggal Tuntung Pandang di Desa Padang Luas Kecamatan Kurau, Jum'at (16/7).

"Mungkin masyarakat belum mengetahui bahwa inilah kanal komunikasi antara pemerintah daerah dengan masyarakat," ujar Bupati.

Pengaduan yang dapat disampaikan secara anonim dan melindungi identitas pelapor itu tersedia dalam aplikasi sehingga mudah untuk diakses. Kritik dan saran nantinya akan masuk  diteruskan kepada instansi yang bersangkutan.

"Ini yang perlu masyarakat ketahui, ini mempermudah dan nanti akan dijawab oleh pejabat yang berwenang," ujar Bupati. 

Terpisah, Kepala Seksi Kemitraan, Penyiaran dan Informasi Publik pada Diskominfo Tala, Siti Mukaromah turut menjelaskan bahwa aduan masyarakat melalui LAPOR akan membantu proses perbaikan fasilitas pelayanan publik. 

Diibaratkannya ketika Pemerintah Daerah memerlukan bantuan dana untuk memperbaiki fasilitas publik dari pemerintah pusat maka pengaduan-pengaduan masyarakat setempat yang terdata dalam LAPOR akan semakin memperjelas urgensi bantuan yang diperlukan. 

"Semua laporan masuk ke pusat, sesuai SOP laporan akan ditanggapi maksimal tiga hari kerja, baru akan diteruskan ke Pemerintah Daerah, ke lokasi kejadian. Makanya laporan harus menguraikan dengan jelas kronologinya, waktu dan tempat kejadian, dan paling penting gunakan bahasa yang baik dan sopan," jelas Siti Mukaromah.

Siti juga menyampaikan hingga saat ini jumlah laporan yang masuk untuk Tanah Laut masih rendah, sehingga diharapkan masyarakat dapat berpartisipasi aktif untuk menyampaikan aspirasinya melalui beberapa cara yaitu SMS ke 1708 dengan format dengan mengetik KTA (spasi) aduan, melalui website www.lapor.go.id  dan melalui Aplikasi SP4N LAPOR yang tersedia di Playstore dan Apple Store. (Diskominfo Tala/RZ/RSD).




Posting Terkait :
Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

- Portal Aplikasi Pengaduan -

- Portal Aplikasi Layanan Pemerintah Daerah -


- Portal Aplikasi Layanan Publik -

- Portal Informasi Publik -


- Portal Aplikasi Lainnya -



- Portal Website SKPD -






- Portal Website Desa -