PANEN JAGUNG HIBRIDA DI DESA TELAGA LANGSAT
Oleh Administrator 04 Des 2019, 17:56:36 | dibaca 103 x | Kategori Berita Daerah
PANEN JAGUNG HIBRIDA DI DESA TELAGA LANGSAT

Keterangan Gambar : Di hari jadi kabupaten Tanah Laut yang ke 54, untuk pertama kalinya kelompok petani jagung di Tanah Laut berhasil menghasilkan benih jagung sendiri. Hal tersebut terungkap pada saat acara syukuran Panen Jagung Hibrida yang merupakan program perbenihan jagung berbasis korporasi petani di Desa Telaga Langsat kecamatan Takisung, Selasa (3/12).


Tala-Info Publik, Di hari jadi kabupaten Tanah Laut yang ke 54, untuk pertama kalinya kelompok petani jagung di Tanah Laut berhasil menghasilkan benih jagung sendiri. Hal tersebut terungkap pada saat acara syukuran Panen Jagung Hibrida yang merupakan program perbenihan jagung berbasis korporasi petani di Desa Telaga Langsat kecamatan Takisung, Selasa (3/12).

Acara diawali dengan panen jagung hibrida secara simbolis oleh Bupati Tanah Laut H. Sukamta didampingi oleh Dandim 1009 Pelaihari, Perwakilan Dinas Tanaman Pangan Hortikultura Kalsel, Direktur Perbenihan Tanaman Pangan Kementerian Pertanian RI, Camat Takisung dan Kepala Desa Telaga Langsat.

Kepala Dinas Tanaman Pangan Hortikultura dan Perkebunan Tanah Laut Achmad Mustahdi dalam sambutannya mengungkapkan Tanah Laut merupakan sentra tanaman jagung di provinsi Kalimantan Selatan, hal ini dibuktikan dengan perkembangan tanaman jagung sampai tahun 2019 mencapai 36.000 hektar, diyakini ditahun-tahun selanjutnya semakin berkembang.

"Jagung hibrida yang baru dipanen ini merupakan bibit, bukan untuk konsumsi. Keperluan benih jagung di Tanah Laut setiap tahun meningkat, dengan hasil panen bibit jagung hibrida kali ini yang berkelanjutan, Insya Allah mulai tahun depan kita bisa pakai bibit jagung produksi sendiri, tidak perlu lagi beli bibit diluar," ungkap Mustahdi.

Bupati Tanah Laut H. Sukamta dalam sambutannya mengungkapkan rasa syukur atas keberhasilan para kelompok tani Desa Telaga Langsat yang berhasil panen menghasilkan benih jagung hibrida.

"Kita patut berbangga hati dalam suasana hari jadi Tanah Laut kali ini, karena mendapatkan kado indah dari petani kita berupa hasil panen benih jagung hibrida yang pertama kali selama 54 tahun Tanah Laut berdiri. Kedepan kita akan tingkatkan lagi hasil panen benih jagung hibrida nya, tentu dengan kerja sama antara kelompok tani dan instansi terkait," pungkas Bupati.

Usai penyampaian sambutan, acara dilanjutkan dengan sesi tanya jawab antara masyarakat kelompok tani Desa Telaga Langsat dengan Bupati dan dinas terkait.

Turut berhadir anggota DPRD Tanah Laut Edy Purwanto, Dandim 1009 Plh, Perwakilan Dinas Tanaman Pangan Hortikultura Kalsel, Direktur Perbenihan Tanaman Pangan Kementerian Pertanian RI, perwakilan perbankan BNI dan Bank Kalsel, Camat Takisung, Kepala Desa Telaga Langsat, kelompok tani Desa Telaga Langsat dan masyarakat sekitar. (Diskominfo)




Posting Terkait :
Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

- Portal Aplikasi Pengaduan -

- Portal Aplikasi Layanan Pemerintah Daerah -

- Portal Aplikasi Layanan Publik -

- Portal Informasi Publik -

- Portal Aplikasi Lainnya -



- Portal Website SKPD -






- Portal Website Desa -