MEMPERINGATI KEMERDEKAAN, DISPUSIP TALA GELAR KELAS VIRTUAL KEMERDEKAAN: PERJUANGAN MASYARAKAT TALA

MEMPERINGATI KEMERDEKAAN, DISPUSIP TALA GELAR KELAS VIRTUAL KEMERDEKAAN: PERJUANGAN MASYARAKAT TALA

PELAIHARI - Momen perjuangan Masyarakat Tanah Laut di awal kemerdekaan turut kembali disegarkan oleh Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Tanah Laut (Dispusip Tala) bersama Sarekat Sejarah Tala melalui pelaksanaan Kelas Kemerdekaan yang digelar secara virtual pada Jum'at (13/8).

Kelas yang diikuti oleh kurang lebih 50 peserta itu mengangkat tema Perjuangan Masyarakat Tanah Laut Tahun 1945-1949. Materi disampaikan oleh dosen sejarah FKIP ULM  sekaligus Ketua Lembaga Kajian Sejarah, Sosial dan Budaya (LKS2B) Kalimantan, Mansyur, S.Pd, M.Hum.

Mansyur turut mengapresiasi kegiatan Webinar yang berkonsep Kelas Kemerdekaan yang menjadi sebuah terobosan baru Dispusip Tala  dalam meningkatkan literasi, terutama bidang kesejarahan. Terlebih pelaksanaannya bertepatan dengan momentum perayaan Ulang Tahun Kemerdekaan ke-76 Republik Indonesia. Tidak hanya membuka wawasan, kegiatan ini dianggap sebagai tindakan untuk menolak lupa bagaimana Masyarakat Tanah Laut berjuang mempertahankan kemerdekaan di masa revolusi fisik bergejolak tahun 1945-1949. 

"Semoga dengan gelaran ini bisa menjadi motivasi bagi generasi saat ini untuk mengisi kemerdekaan dan memajukan daerah kita," ujarnya.  

Disebutkan pula oleh Mansyur bahwa sejarah bukan hanya pengingat kejadian masa lalu, tetapi memberikan pelajaran bagaimana menata masa depan yang lebih baik. Nilai-nilai luhur dan pengorbanan pejuang di masa lalu akan menjadi pemantik untuk terus merawat kemerdekaan yang telah diperjuangkan.

Lebih lanjut, Plt. Kasi Layanan & Otomasi Perpustakaan pada Dispusip Tala, Hanil Sadikin, turut berharap Kelas Kemerdekaan kali ini dapat menghasilkan kontribusi pemikiran filosofis dan faktual tentang goresan sejarah kemerdekaan di Kabupaten Tanah Laut. (Diskominfo Tala/RZ/RSD).

Bagikan halaman ini

Berita Lainnya