LANGKAH PREVENTIF IDI TALA DALAM MENANGGULANGI PENINGKATAN COVID-19
Oleh Administrator 23 Jul 2021, 08:06:15 | dibaca 116 x | Kategori Berita Daerah
LANGKAH PREVENTIF IDI TALA DALAM MENANGGULANGI PENINGKATAN COVID-19

PELAIHARI - Kasus penyebaran Covid-19 di Indonesia terus meningkat terutama di Pulau Jawa dan Sumatera. Masyarakat kesulitan mendapatkan penanganan kesehatan dikarenakan rumah sakit penuh serta terkendala pasokan oksigen. Isolasi mandiri di rumah terpaksa menjadi langkah yang harus dijalankan masyarakat terlebih adanya Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) darurat.

Kondisi ini tentunya memberikan dampak terjadinya eskalasi penyebaran Covid-19 yang signifikan dalam beberapa minggu terakhir di Kabupaten Tanah laut (Tala).
   
Ketua Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Cabang Tala, dr. Sigit P. Kurniawan saat ditemui Diskominfo Tala pada Senin (19/7) menyampaikan bahwa lonjakan Covid-19 seperti di Jawa bisa terjadi di Tala sehingga perlu kesiapan lebih awal agar menghindari kepanikan masyarakat. Konsultasi online khusus seputar Covid-19, isolasi mandiri (Isoman) dan protokol kesehatan (Prokes) menjadi cara yang dipilih. 

“Sebagai bagian dari organisasi profesi kedokteran dan bentuk tanggung jawab terhadap masyarakat, kita mencoba membantu memfasilitasi agar masyarakat tidak merasa sendiri ketika terkena Covid-19, kita hadir dan ada selalu untuk masyarakat,” ujarnya.

Dijelaskannya bahwa konsultasi online dibuka melalui Whatsapp (WA) tanpa dipungut biaya. Konsultasi tidak hanya diperuntukan bagi orang yang memiliki gejala Covid-19 tetapi juga bagi masyarakat yang ingin menanyakan informasi seputar Covid-19, isolasi mandiri, evaluasi suhu dan lainya. Pelayanan konsultasi ini dimulai dari pagi sampai malam. 

dr. Sigit P. Kurniawan juga menyampaikan tindak lanjut dari konsultasi online ini yakni melihat grafik keingintahuan masyarakat terhadap informasi apa yang paling sering dikonsultasikan dalam mengambil kebijakan yang efektif guna mengatasi lonjakan Covid-19 di Tala.

“Kita akan melihat animo masyarakat terhadap pelayanan konsultasi ini, dari berbagai pertanyaan akan kita analisa dan dikategorikan, sehingga kita memiliki data dan bisa memberikan masukan kepada pemerintah dalam menemukan upaya-upaya lebih lanjut mengenai pertanyaan dari masyarakat,” pungkasnya.

Ia berharap organisasi para dokter di Tala bisa menjadi mitra Pemkab Tala yang berperan aktif demi kesehatan masyarakat Tala. (Diskominfo Tala/RMD/HM).




Posting Terkait :
Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

- Portal Aplikasi Pengaduan -

- Portal Aplikasi Layanan Pemerintah Daerah -


- Portal Aplikasi Layanan Publik -

- Portal Informasi Publik -


- Portal Aplikasi Lainnya -



- Portal Website SKPD -






- Portal Website Desa -