KEJAR TARGET SIKOMANDAN PELAYANAN INSEMINASI BUATAN DITINGKATKAN
Oleh Administrator 11 Sep 2020, 15:53:18 | dibaca 95 x | Kategori Berita Daerah
KEJAR TARGET SIKOMANDAN PELAYANAN INSEMINASI BUATAN DITINGKATKAN

Keterangan Gambar : Mengejar pemenuhan target Program Sapi Kerbau Komoditas Andalan Negeri atau SIKOMANDAN, Pelayanan Inseminasi Buatan (IB) terus ditingkatkan. Dinas Perkebunan dan Peternakan Provinsi Kalimantan Selatan berkerjasama dengan Pemkab Tanah Laut melalui Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Kab Tanah Laut, kembali melaksanakan kegiatan Pelayanan Perbibitan, Kesehatan Hewan dan Pemeriksaan Kebuntingan, yang melayani lebih dari seratus ternak sapi di Desa Pulau Sari, Kecamatan Tambang Ulang, Kamis (10/09)


Mengejar pemenuhan target Program Sapi Kerbau Komoditas Andalan Negeri atau SIKOMANDAN, Pelayanan Inseminasi Buatan (IB) terus ditingkatkan. Dinas Perkebunan dan Peternakan Provinsi Kalimantan Selatan berkerjasama dengan Pemkab Tanah Laut melalui Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Kab Tanah Laut, kembali melaksanakan kegiatan Pelayanan Perbibitan, Kesehatan Hewan dan Pemeriksaan Kebuntingan, yang melayani lebih dari seratus ternak sapi di Desa Pulau Sari, Kecamatan Tambang Ulang, Kamis (10/09)

Ir. Suharyo Kadis Peternakan dan Kesehatan Hewan Kabupaten Tanah Laut menyampaikan melalui Pelayanan Inseminasi Buatan yang merupakan bagian Pelayanan Perbibitan, Kesehatan Hewan dan Pemeriksaan Kebuntingan diharapkan bisa memenuhi yang sudah ditargetkan.
"Kabupaten Tanah Laut pada Program SIKOMANDAN Tahun 2020 ditargetkan bisa melaksanakan sejumlah 12.500 ekor Akseptor IB, realisasi per tanggal 31 Agustus 2020 berdasarkan laporan yang masuk, sudah terpenuhi 97,62 % atau 12.203 ekor Akseptor IB", ujarmya.

Dengan terus giat melaksanakan Inseminasi Buatan baik melalui pelayanan langsung ke desa-desa maupun melalui para petugas Inseminator di lapangan, target tersebut dapat segera terpenuhi.

Dari beberapa titik kumpul pelayanan dapat diamati ternak sapi yang di bawa oleh para peternak terlihat sehat dan beberapa sedang dalam keadaan bunting hasil dari Inseminasi Buatan. Diharapkan melalui pelayanan ini optimalisasi program Inseminasi Buatan dapat terwujud dan bisa menggenjot serta meningkatkan populasi Sapi lokal.

Pelayanan langsung ke desa desa tentunya membawa manfaat besar bagi masyarakat.
Burhanuddin salah satu peternak di Desa Pulau Sari mengatakan hari ini dirinya membawa 5 ekor indukan untuk diperiksa kesehatannya agar lebih terjamin, ia berharap layanan seperti ini bisa berkelanjutan.

“Saya sudah usaha ternak sapi dari 20 tahun yang lalu, kebetulan sekarang memelihara 5 ekor indukan, satu yang masih dara dan dua sapi jantan yang masih anak (pedet), jenis sapi yang saya pelihara jenis sapi Limousine dan Simental. Sejauh ini tidak banyak mendapat kendala asalkan tetap rajin memelihara kebersihan kandang dan pemenuhan pakan ternak, beternak sapi sangat menguntungkan” tambahnya.

Arie Rifaldi, Petugas Data Recorder menyampaikan Pelayanan Perbibitan, Kesehatan Hewan dan Pemeriksaan Kebuntingan, di Desa Pulau Sari Kecamatan Tambang Ulang, terdata ada 172 ekor akseptor yang terdiri dari 37 ekor Sapi Jantan, 129 ekor Sapi Betina dan 6 ekor anak sapi. Pemeriksaan Kebuntingan sejumlah 33 ekor, dan ada 6 ekor sapi betina yang hari ini yang siap untuk di Inseminasi Buatan.
Pada Kegiatan ini dihadiri oleh Kabid Perbibitan, Produksi dan Pakan, Kepala Seksi Perbibitan Ternak, Petugas Inseminator, Kepala UPT Puskeswan Kurau dan dan Petugas Teknis Peternakan Disnakkeswan Kabupaten Tanah Laut. (Disnakkeswan / Diskominfo Tala)




Posting Terkait :
Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

- Portal Aplikasi Pengaduan -

- Portal Aplikasi Layanan Pemerintah Daerah -

- Portal Aplikasi Layanan Publik -

- Portal Informasi Publik -


- Portal Aplikasi Lainnya -



- Portal Website SKPD -






- Portal Website Desa -