JAGA TERNAK SAPI AGAR TETAP SEHAT
Oleh Administrator 15 Okt 2020, 20:20:55 | dibaca 57 x | Kategori Berita Daerah
JAGA TERNAK SAPI AGAR TETAP SEHAT

Keterangan Gambar : Pengendalian kesehatan ternak merupakan bagian yang tidak dapat dipisahkan dari sistem usaha ternak terutama ternak sapi, karena merupakan faktor penting yang memacu produktivitas dalam beternak. Hal ini diharapkan dapat dipahami oleh para peternak melalui kegiatan Pelayanan Perbibitan, Kesehatan Hewan dan Pemeriksaan Kebuntingan, kerjasama Dinas Perkebunan dan Peternakan Provinsi Kalimantan Selatan dengan Pemkab Tanah Laut melalui Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Kab. Tanah Laut di Desa Tirta Jaya Kecamatan Bajuin, Kamis (15/10).


Pengendalian kesehatan ternak merupakan bagian yang tidak dapat dipisahkan dari sistem usaha ternak terutama ternak sapi, karena merupakan faktor penting yang memacu produktivitas dalam beternak. Hal ini diharapkan dapat dipahami oleh para peternak melalui kegiatan Pelayanan Perbibitan, Kesehatan Hewan dan Pemeriksaan Kebuntingan, kerjasama Dinas Perkebunan dan Peternakan Provinsi Kalimantan Selatan dengan Pemkab Tanah Laut melalui Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Kab.
Tanah Laut di Desa Tirta Jaya Kecamatan Bajuin, Kamis (15/10).

Tumijan, salah satu peternak Desa Tirta Jaya Kecamatan Bajuin, turut membawa keempat ekor ternak sapi ke titik kumpul pelayanan untuk diperiksa kesehatannya, satu diantaranya baru saja melahirkan.

“Saya memiliki satu indukan sapi jenis Peranakan Limosine yang hingga saat ini sudah delapan kali melahirkan, dan lima hari yang lalu melahirkan Sapi jenis Simmental hasil dari Inseminasi Buatan. Alhamdulillah, sapi indukan yang saya pelihara sangat produktif, setiap tahunnya selalu bunting, sudah ada yang menawar dengan harga tinggi, tapi saya masih sayang kalo dijual," ujarnya.

Dalam Pelayanan kali ini Ferry Kusmana selaku Kabid Perbibitan, Produksi dan Pakan Disnakkeswan Kab. Tanah Laut, yang hadir dalam pelaksanaan pelayanan ini turut mengharapkan agar para peternak memperhatikan kesehatan sapi supaya tetap sehat dan produktif, karena jika sakit peternak akan mengalami kerugian.

"Upaya yang bisa dilakukan yakni, menjaga kualitas pakan yang diberikan, menjaga kondisi lingkungan di sekitar kandang tetap bersih, dan menjaga daya tahan tubuh ternak," ujarnya.

Dijadwalkan untuk layanan berikutnya di Desa Bumi Jaya Kecamatan Pelaihari, pada hari Kamis tanggal 22 Oktober 2020. Layanan berupa Inseminasi Buatan, Pemberian Vitamin, Pemeriksaan Kebuntingan, Pemeriksaan Kesehatan Hewan, Pemberian Obat Cacing dan Mineral, Pemberian Vaksin dan Pemeriksaan Status Reproduksi Hewan. Semua pelayanan akan diberikan secara gratis. (Diskominfo Tala)




Posting Terkait :
Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

- Portal Aplikasi Pengaduan -

- Portal Aplikasi Layanan Pemerintah Daerah -

- Portal Aplikasi Layanan Publik -

- Portal Informasi Publik -


- Portal Aplikasi Lainnya -



- Portal Website SKPD -






- Portal Website Desa -