DINSOS TALA GELAR RAKOR DTKS
Oleh Administrator 22 Feb 2020, 18:53:58 | dibaca 69 x | Kategori Berita Daerah
DINSOS TALA GELAR RAKOR DTKS

Keterangan Gambar : Pemerintah Kabupaten Tanah Laut melalui Dinas Sosial (Dinsos) melaksanakan Rapat Koordinasi (Rakor) Data Terpadu Kesejahteraan Sosial tahun 2020 di Gedung Sarantang Saruntung, Kamis (20/2).


Pemerintah Kabupaten Tanah Laut melalui Dinas Sosial (Dinsos) melaksanakan Rapat Koordinasi (Rakor) Data Terpadu Kesejahteraan Sosial tahun 2020 di Gedung Sarantang Saruntung, Kamis (20/2).

Saat memberikan sambutan sekaligus membuka kegiatan ini, Kepala Dinas Sosial Kabupaten Tanah Laut Ir. Norhidayat mengatakan, Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) merupakan data yang digunakan sebagai sumber data utama dalam penyelenggaraan kesejahteraan sosial agar dapat dilaksanakan secara terarah, terpadu, dan berkelanjutan oleh kementerian/lembaga, pemerintah daerah dan masyarakat.

“Sebelumnya dikenal dengan istilah basis data terpadu (BDT) dimana berdasarkan Permensos No. 05 tahun 2019 diganti menjadi Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS),” ujarnya.

Lebih lanjut ia mengatakan, Rapat Koordinasi Data Terpadu Kesejahteraan Sosial yang dilaksanakan merupakan sarana dalam pemenuhan akan kebutuhan data yang valid dan akurat untuk ketepatan sasaran penyaluran beragam bantuan sosial dan subsidi yang diberikan pemerintah.

“Verifikasi perlu dilakukan agar program yang digulirkan tepat sasaran. Sebab dalam beberapa kasus bantuan, justru yang menikmati mereka yang tergolong sudah mampu, hal ini karena acuannya data yang dipakai adalah data lama,” ucapnya.

Terpisah, Kasi Identifikasi dan Penguatan Kapasitas Dinsos Kabupaten Tanah Laut Ramlah, S.Sos mengatakan, Rakor ini sebagai langkah awal untuk persiapan verifikasi dan validasi DTKS 2020 agar data yang didapat lebih akurat.

“Setelah Rakor ini Dinsos akan menggelar bimtek DTKS dari tanggal 24 s/d 29 Februari 2020 untuk para Operator (pengumpul/pengolah data) dan Pengawas Data se Kabupaten Tanah Laut.

Turut berhadir pada kegiatan Rakor ini, Kepala BPS Tanah Laut Misnawati, perwakilan Bappeda, perwakilan Dinas Kesehatan, perwakilan Disdukcapil, para Camat, para Kepala Desa, dan TKSK se Kabupaten Tanah Laut. (Dinsos Tala)




Posting Terkait :
Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

- Portal Aplikasi Pengaduan -

- Portal Aplikasi Layanan Pemerintah Daerah -

- Portal Aplikasi Layanan Publik -

- Portal Informasi Publik -


- Portal Aplikasi Lainnya -



- Portal Website SKPD -






- Portal Website Desa -