DESTINASI DIGITAL PASAR KULINER HALAL KHAS KALSEL DI TANAH LAUT
Keterangan Gambar : Dinas Pariwisata Provinsi Kalimantan Selatan bersinergi dengan Dinas Pariwisata Kabupaten Tanah Laut bersama Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Desa Wisata Karang Taruna (Dewa Katar) menggelar acara Destinasi Digital Pasar Kuliner Halal Khas Kalimantan Selatan di Kelurahan Karang Taruna, Kamis (19/12).

DESTINASI DIGITAL PASAR KULINER HALAL KHAS KALSEL DI TANAH LAUT

Tala-Info Publik, Dinas Pariwisata Provinsi Kalimantan Selatan bersinergi dengan Dinas Pariwisata Kabupaten Tanah Laut bersama Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Desa Wisata Karang Taruna (Dewa Katar) menggelar acara Destinasi Digital Pasar Kuliner Halal Khas Kalimantan Selatan di Kelurahan Karang Taruna, Kamis (19/12).

Staf Ahli Bidang Hukum dan Politik Ir. Riyadi saat membacakan sambutan Bupati Tanah Laut mengungkapkan, pemanfaatan teknologi digital dalam dunia pariwisata daerah memang sudah seharusnya diterapkan. Sosial media yang begitu global selain sebagai media promosi juga mempermudah masyarakat dalam mengakses informasi kepariwisataan.

"Kegiatan ini adalah salah satu usaha kita dalam mempromosikan destinasi wisata dan kuliner daerah, melalui media digital diharapkan semakin menambah wawasan masyarakat khususnya para netizen untuk turut berpartisipasi memajukan wisata dan kuliner daerah," ungkapnya.

Riyadi menambahkan perlunya penguasaan bahasa asing sebagai unsur pendukung dalam memajukan pariwisata di Tanah Laut.

"Kedepan kita harapkan para pelaku wisata juga menguasai bahasa asing khususnya Bahasa Inggris. Karena selain mengakomodir wisatawan mancanegara yang datang, juga untuk merespon kiranya ada pertanyaan-pertanyaan wisatawan mancanegara melalui media sosial," tambahnya.

Kepala Dinas Pariwisata Prov. Kalsel yang diwakili oleh Sekretaris Abdul Hamid dalam sambutan sekaligus membuka secara resmi kegiatan Destinasi Digital Pasar Kuliner Halal mengungkapkan apresiasi kepada Pokdarwis Dewa Katar (Desa Wisata Karang Taruna) dalam capaiannya sebagai pokdarwis terbaik ditingkat nasional.

"Kalimantan Selatan dalam menggali pendapatan asli daerah berupaya lepas dari ketergantungan sektor pertambangan, salah satunya dengan memfokuskan sektor kepariwisataan. Kita adalah provinsi yang kaya dengan keindahan alam, adat budaya serta kulinernya. Potensi tersebut yang kita coba maksimalkan melalui promosi digital. Melalui kegiatan kali ini yang bertempat di wilayah Pokdarwis Dewa Katar kita harapkan para pegiat digital sosial media yang hadir turut menyebarluaskan informasi positif dan memperkenalkan kuliner-kuliner khas Banua yang disajikan," ungkap Hamid.

Terpisah, Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Tanah Laut Ismail Fahmi kepada pers Diskominfo Tala mengungkapkan, menyadari peran pegiat sosial media di Tanah Laut yang begitu masif, perlu untuk digerakkan juga dalam menyebarluaskan promosi wisata di Tanah Laut.

"Kegiatan ini adalah kegiatan pertama kali yang dilakukan di Tanah Laut, dengan tujuan untuk lebih memperkenalkan pariwisata di Tanah Laut. Kedepan spot-spot wisata lain yang mulai berkembang juga akan kita gelar kegiatan Destinasi Digital serupa, alhamdulillah seperti Pantai Takisung dan Pantai Batakan sudah cukup dikenal, jadi giliran spot-spot lain yang baru atau yang mengalami penurunan akan kita utamakan promosinya seperti Air Terjun Bajuin dan Wisata Susur Sungai Bekantan di Panjaratan," pungkas Fahmi.

Turut berhadir para pejabat dilingkup pemerintah kabupaten Tanah Laut, IWAPI Tanah Laut, organisasi pelaku pariwisata, pelajar SLTA sederajat, tokoh masyarakat Kelurahan Karang Taruna, dan masyarakat sekitar. (Diskominfo)

Bagikan halaman ini

Berita Lainnya