Daun Kelor Disulap Jadi Kudapan
Oleh Administrator 30 Apr 2022, 10:23:53 | dibaca 20 x | Kategori Berita Daerah
Daun Kelor Disulap Jadi Kudapan

BATI-BATI - Dalam rangkaian kegiatan Manunggal Tuntung Pandang (MTP) di Desa Kait-Kait Baru Kecamatan Bati-Bati Kamis (28/4/2022), Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Kabupaten Tanah Laut (Tala) kembali ikut meramaikan dengan menggelar lomba kreativitas kudapan khas desa yang kali ini berbahan dasar daun kelor.

Daun kelor yang dianggap sebagian masyarakat memiliki mistis untuk menangkal gangguan makhluk halus, kini dijadikan aneka kudapan yang khas dari Desa Kait-Kait Baru.

Salah seorang juara, Ibu Ning warga RT. 03 Desa Kait-Kait Baru dengan hasil kreativitasnya berupa olahan nugget mengatakan latar belakang daun kelor menjadi pilihan kudapan khas Desa Kait-Kait Baru ini.

"Awalnya dari petugas gizi Puskesmas Kait-Kait yang mencetuskan daun kelor ini banyak manfaatnya dari segi vitamin, anti bodi, dan untuk anak kecil menjadikan pertumbuhannya jadi lebih bagus dan nafsu makan yang baik," ungkapnya.

Mengenai informasi daun kelor yang ramai dibicarakan sebagai daun yang mengandung mistis, Dirinya membantah, karena menurutnya tidak ada penelitian pasti terkait hal-hal yang mengandung gaib.

"Lebih baik mengambil dari manfaatnya yang pasti daripada mengambil dari sesi mistisnya," ujarnya.

Lomba kudapan kali ini diikuti 14 peserta dari RT yang ada di Desa Kait-Kait Baru. Jatuh sebagai juara 1 dari RT. 03 dengan kudapan berupa nugget, Juara 2 RT. 01dengan kue bingka, Juara 3 RT. 11 dengan pempek, dan diikuti juara seterusnya dari RT lainnya dengan berbagai hasil kudapan berupa kue akar pinang, cendol, lapat, kelepon dan kudapan lainnya dengan berbahan dasar daun kelor.

Kepada para juara masing masing mendapatkan hadiah yang diserahkan langsung oleh Ketua TP PKK Tala Hj. Nurul Hikmah Sukamta.

Dalam kesempatan ini juga Hj. Nurul Hikmah Sukamta menyerahkan beberapa paket sembako untuk warga yang kurang mampu.

Turut berhadir Wakil Ketua I TP PKK Tala Yati Oktoviana Abdi Rahman, Wakil Ketua II TP PKK Tala Hj. Rachmalina Dahnial Kifli, pengurus TP PKK Tala, Ketua TP PKK Kecamatan Bati-Bati berserta pengurus. (Diskominfo Tala)




Posting Terkait :
Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

- Portal Aplikasi Pengaduan -

- Portal Aplikasi Layanan Pemerintah Daerah -


- Portal Aplikasi Layanan Publik -

- Portal Informasi Publik -


- Portal Aplikasi Lainnya -



- Portal Website SKPD -






- Portal Website Desa -