BUMDES MJM DESA SWARANGAN DIRESMIKAN JADI SUB PENYALUR BBM NELAYAN
Oleh Administrator 29 Jul 2020, 16:50:18 | dibaca 53 x | Kategori Berita Daerah
BUMDES MJM DESA SWARANGAN DIRESMIKAN JADI SUB PENYALUR BBM NELAYAN

Keterangan Gambar : Untuk mendukung nelayan di Tanah Laut agar dalam pelaksanaan operasionalnya tidak mendapatkan harga BBM Solar yang merugikan dan diperkuat atas MOU kesepakatan bersama Pemkab Tanah Laut dengan Kepolisian Resort Tanah Laut dalam hal dukungan Penyaluran BBM Solar nelayan melalui Sub Penyalur beberapa waktu lalu. Hari ini, Rabu (29/07)


Untuk mendukung nelayan di Tanah Laut agar dalam pelaksanaan operasionalnya tidak mendapatkan harga BBM Solar yang merugikan dan diperkuat atas MOU kesepakatan bersama Pemkab Tanah Laut dengan Kepolisian Resort Tanah Laut dalam hal dukungan Penyaluran BBM Solar nelayan melalui Sub Penyalur beberapa waktu lalu.

Hari ini, Rabu (29/07) salah satu sub penyalur BBM Nelayan diresmikan, yaitu sebuah Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) di Desa Swarangan Kecamatan Jorong yang bernama BUMDes Marlin Jaya Mandiri (MJM).

Peresmian BUMDes MJM Desa Swarangan sebagai Sub Penyalur BBM Nelayan ini diresmikan oleh Bupati Tanah Laut yang diwakili Asisten Bidang Pemerintahan Setda Tanah Laut Bambang Kusudarisman.

Bupati dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan Asisten Bid Pemerintahan menyampaikan diantaranya, dalam manfaat dengan adanya sub penyalur BBM bersubsidi sangat dirasakan masyarakat desa khususnya para nelayan. Sejak tanggal 18 Juli 2020 sudah dilaksanakan pelayanan penyaluran BBM ke masyarakat.

Dengan adanya hal tersebut,
ini memudahkan akses masyarakat untuk mendapatkan BBM bersubsidi, sehingga tidak menghambat kelancaran masyarakat dalam melakukan kegiatan usaha karena ketersediaan BBM dan harga yang terjangkau, lanjut Bupati dalam sambutan tertulisnya.

Dalam sambutannya juga Bupati mengungkapkan bahwa BUMDes MJM satu satunya BUMDes yang menjadi Sub penyalur BBm bersubsidi. Dan ini menjadi salah satu pendorong untuk percepatan perekonomian Desa yang bisa menjadi referensi bagi desa yang memiliki potensi dengan kegiatan yang sama untuk menuju kemandirian desa.

Bambang Kusudarisman dalam kesempatan ini juga memberikan himbauan untuk selalu disiplin menerapkan protokol kesehatan di masa pandemi ini, serta mensosialisasikan perbup tentang sanksi dan denda tidak menggunakan masker serta menjaga jarak.

Sementara itu Hj. Linda pengurus BUMDes MJM melaporkan bahwa BUMDes MJM ini dibentuk pada tanggal 23 November 2018 yang bertujuan untuk mendorong perekonomi masyarakat desa, mendorong tumbuh kembangnya usaha mikro, meningkatkan kreatifitas dan peluang usaha serta meningkatkan Pendapatan Asli Desa (PADes).
BUMDes MJM Desa Swarangan ini juga mengembangkan usaha pengadaan barang dan jasa, penyewaan tenda, pengelolaan pasar dan baru baru ini sebagai Sub penyalur BBM Nelayan.

Dalam wawancara bersama Diskominfo Hj. Linda yang sebagai bendahara pada BUMDes MJM sangat bersyukur Badan usaha desa ini menjadi sub penyalur BBM Nelayan, hal ini sangat bermanfaat dan membantu masyarakat dalam menekan harga dari pengecer yang biasa masuk seharga Rp.8.000, sekarang menjadi Rp.6.000.

Dalam tehnisnya pihak BUMDes mengambil langsung ke SPBU sebanyak 2 ribu liter sekali pengambilan, BUMDes sendiri mendapatkan jatah pengambilan sebanyak 10 kali dalam sebulan sebanyak 20 ribu liter.

Sebagai pengurus BUMDes MJM Hj. Linda juga berharap kedepannya kuota BBMnya bisa ditambah karena dilapangan kebutuhannya masih belum mencukupi.

Di akhir acara peresmian BuMDes MJM Desa Swarangan sebagai sub penyalur BBM nelayan juga dilakukan penyerahan bantuan sosial bagi hasil tutup buku tahun 2019 kepada warga tidak mampu berupa sembako dan bantuan barang kepada pihak Langgar Al Ikhlas Desa Swarangan yang diserahkan secara simbolis oleh Asisten Bidang Pemerintahan Setda Tanah Laut.

Turut berhadir pada kegiatan ini Camat Jorong M. Alfan Rosidi Anwar, Kepala Dinas Ketahanan Pangan Rizayadi,
Kepala DPMD Gatot Subagyo, Kepala Bappeda Andres Evony, Forkopimcam Jorong, Kepala Desa Swarangan, dan pengurus BUMDes MJM serta warga masyarakat Desa Swarangan. (Diskominfo Tala)




Posting Terkait :
Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

- Portal Aplikasi Pengaduan -

- Portal Aplikasi Layanan Pemerintah Daerah -

- Portal Aplikasi Layanan Publik -

- Portal Informasi Publik -


- Portal Aplikasi Lainnya -



- Portal Website SKPD -






- Portal Website Desa -