PEMKAB TALA LAUNCHING APLIKASI SISKEUDES DAN SISWAKEUDES UNTUK PENGAWASAN KEUANGAN DESA
Oleh Administrator 09 Okt 2021, 19:07:32 | dibaca 42 x | Kategori Berita Daerah
PEMKAB TALA LAUNCHING APLIKASI SISKEUDES DAN SISWAKEUDES UNTUK PENGAWASAN KEUANGAN DESA

Pelaihari - Guna mempercepat proses pelaksanaan pengawasan keuangan desa serta terciptanya penyelenggaraan pemerintahan kabupaten Tanah Laut (Tala) yang akuntabilitas dan transparansi, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tala melaunching Aplikasi Sistem Pengawasan Keuangan Desa (Siskeudes) berbasis online sekaligus implementasi aplikasi Sistem Pengawasan Keuangan Desa (Siswakeudes) untuk pemerintah Desa (Pemdes) di Aula Pencerahan Bappeda Tala, Kamis (7/10/21).

Proses launching di lakukan langsung oleh Bupati Tala H. M Sukamta dan disaksikan langsung oleh Inspektur jendral kementerian dalam negeri (Kemendagri) DR. Tumpak Haposan Simanjuntak MA, Deputi Kepala BPKP Bidang Pengawasan Penyelenggara Keuangan Daerah Raden Suhartono, Kasatgas Koordinasi dan Supervisi Wilayah 3 KPK Uding Juharudin, para pejabat lingkungan Pemkab Tala serta para kepala desa se-Tala secara daring. 

H. M. Sukamta menyampaikan jika selama ini telah lama menginginkan sistem yang terintegrasi antara sistem keuangan desa dengan sistem pengawasan keuangan pada inspektorat kabupaten Tala sehingga terciptanya penyelenggaraan pemerintahan yang akuntabilitas dan transparan.

“Pengelolaan keuangan betul- betul terjaga, dan dapat mendeteksi secara dini serta bisa memetakan desa mana yang kompeten dalam mengelola keuangan, dan bisa mempertanggung jawab kan keuangan desa” kata H. M Sukamta. 

H. M Sukamta mengapresiasi atas launchingnya aplikasi Siskeudes dan Siswakeudes dari Badan Pengawas Keuangan dan Pembangunan (BPKP) yang bekerja sama dengan Kemendagri.
    
“Dana desa yang begitu besar memang memerlukan sistem pengelolaan dan pelaporan keuangan yang mumpuni dan mudah digunakan oleh pemdes, dengan adanya Siskeudes mempermudah membuat laporan keuangan desa dan mudah diawasi penggunaannya.” ujar H.M. Sukamta

Selain launching aplikasi Siskeudes dan Siswaskeudes, juga dilakukan penyerahan piagam prestasi dari BPKP kepada Inspektorat Tala yang telah mencapai kapabilitas Aparat Pengawas Intern Pemerintah (APIP) Level 3. Penyerahan piagam tersebut dilakukan Kepala Perwakilan BPKP Kalimantan Selatan Rudy Mahani Harahap PhD kepada Bupati Tala H. M. Sukamta. (Diskominfo Tala)




Posting Terkait :
Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

- Portal Aplikasi Pengaduan -

- Portal Aplikasi Layanan Pemerintah Daerah -


- Portal Aplikasi Layanan Publik -

- Portal Informasi Publik -


- Portal Aplikasi Lainnya -



- Portal Website SKPD -






- Portal Website Desa -