GUGUS TUGAS COVID-19 ANTISIPASI MENINGKATNYA REAKTIF RAPIDTES
Oleh Administrator 19 Mei 2020, 11:25:46 | dibaca 218 x | Kategori Berita Daerah
GUGUS TUGAS COVID-19 ANTISIPASI MENINGKATNYA REAKTIF RAPIDTES

Keterangan Gambar : Upaya memperkecil penyebaran dan membatasi penularan Covid-19 di Tanah Laut menjadi topik yang ditekankan pada Rapat Koordinasi (Rakor) Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Tanah Laut, Senin malam (18/5). Acara yang berlangsung di Ruang Barakat Setda Tala tersebut dipimpin langsung oleh Wakil Bupati Abdi Rahman dengan peserta Rakor Assisten 1 Bidang Pemerintahan H. Bambang Kusudarisman, Assisten II Bidang Ekobangkesra Ahmad Hairin, Para Kepala SKPD dan para anggota Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Tala.


Upaya memperkecil penyebaran dan membatasi penularan Covid-19 di Tanah Laut menjadi topik yang ditekankan pada Rapat Koordinasi (Rakor) Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Tanah Laut, Senin malam (18/5). Acara yang berlangsung di Ruang Barakat Setda Tala tersebut dipimpin langsung oleh Wakil Bupati Abdi Rahman dengan peserta Rakor Assisten 1 Bidang Pemerintahan H. Bambang Kusudarisman, Assisten II Bidang Ekobangkesra Ahmad Hairin, Para Kepala SKPD dan para anggota Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Tala.

Wakil Bupati Abdi Rahman mengungkapkan dalam waktu dekat akan mempersiapkan ruangan-ruangan baru pada Fasilitas Khusus eks RSUD H Boejasin. Hal ini merupakan respon dari adanya lonjakan jumlah reaktif Rapid Test dan lonjakan jumlah orang Terkonfirmasi Positif Covid-19 di Tanah Laut.

"Melihat peningkatan jumlah ini, kita akan menambah ruang fasilitas khusus untuk isolasi di RS. H. Boejasin baru sebanyak sekitar 45 ruangan" kata Abdi.

Dalam upaya membatasi penularan Covid-19 diperlukan pula tindakan yang lebih progresif berupa edukasi dan patroli. Saat ini patroli dilakukan pada warung-warung malam, namun ternyata pada sore hari sudah banyak warung makan yang buka dan banyak masyarakat yang melakukan buka puasa bersama. Menyadari keadaan ini, maka upaya patroli akan direncanakan juga dilakukan pada sore hari, dan mengedukasi pedagang warung agar mengurangi jumlah meja, mengatur jarak tempat duduk dan menganjurkan pembeli untuk membungkus makanan dan dibawa pulang saja.

"Patroli harus lebih tegas, jika sudah dilakukan edukasi tetapi masih tidak mengindahkan, perlu ada efek jera, koordinasikan dengan TNI dan Polri" tegas Wakil Bupati.

Abdi Rahman juga menekankan langkah antisipasi penyebaran penularan Covid-19 menjelang Hari Raya Lebaran yang tinggal beberapa hari lagi. Perlu ditingkatkan kewaspadaan terhadap kemungkinan adanya arus mudik atau para pelaku perjalanan yang bersilaturrahmi dalam rangka lebaran dari luar kabupaten Tanah Laut.

"Pelaku perjalanan harus kita kontrol dengan mengaktifkan kembali posko-posko perbatasan. Patroli tetap dilakukan, tidak hanya oleh satgas kabupaten tapi juga oleh satgas kecamatan," tutup Wakil Bupati. (Diskominfo Tala)




Posting Terkait :
Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

- Portal Aplikasi Pengaduan -

- Portal Aplikasi Layanan Pemerintah Daerah -

- Portal Aplikasi Layanan Publik -

- Portal Informasi Publik -


- Portal Aplikasi Lainnya -



- Portal Website SKPD -






- Portal Website Desa -